Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Enam terdakwa pembakaran pasar di Oksibil dituntut dua tahun

Sidang pembacaan tuntutan oleh JPU terhadap enam terdakwa di Pengadilan Negeri Wamena, Senin (27/7/2020). -Jubi/Islami

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Enam terdakwa pembakaran pasar di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, masing-masing dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dua tahun kurungan penjara. Keenam terdakwa tersebut di antaranya Yosmin Duyala, Yoni Malyo, Yenus Deal Keus Balyo, Carlos Asemki dan Hermanto Nabyal. Keenamnya ditangkap setelah kejadian pada 26 September 2019.

Hal ini disampaikan JPU dalam persidangan pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Wamena, Senin (27/7/2020), yang dipimpin Hakim Ketua Yajid SH.

Enam terdakwa pembakaran pasar di Oksibil dituntut dua tahun 1 i Papua

Kepala Seksi Pidana umum Kejaksaan Negeri Wamena, Ricarda Aresnius SH, mengatakan tuntutan tersebut karena terdakwa terbukti secara sah berbuat seperti apa yang didakwakan.

“Sesuai fakta persidangan meminta majelis hakim untuk menuntut masing-masing terdakwa dua tahun penjara,” katanya.

Tuntutan yang diajukan, kata dia, juga melihat sikap keenam terdakwa selama menjalani proses sidang apakah berlaku sopan atau belum pernah dihukum, maka hal itu menjadi pertimbangan jaksa.

Menurutnya, keenam terdakwa dalam dakwaan telah melanggar Pasal 187 dan 170 KUHP, dan keenamnya telah menjalani masa tahanan Kejaksaan sejak Januari 2020, dalam kasus pembakaran pasar Oksibil pada 26 September 2019.

Loading...
;

Sementara itu, Kuasa Hukum terdakwa Mercy Waromi SH, usai sidang menjelaskan keenam terdakwa menolak semua keterangan saksi dalam BAP, mereka menyatakan tidak melakukan pembakaran dan hanya satu terdakwa atas nama Yoni Malyo yang melakukan pelemparan.

“Keenam terdakwa didakwa melanggar pasal 187 ayat 1 dan pasal 170. Namun dari sidang tuntutan ini tim kuasa hukum akan menyiapkan dulu materi pembelaan, keinginan kami terdakwa bisa bebas,” katanya.

Sidang pembelaan dari kuasa hukum terdakwa akan dilanjutkan sampai Senin 3 Agustus 2020 di Pengadilan Negeri Wamena. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top