TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Erdogan khawatirkan masa depan Timur Tengah

endorgan, Papua
Recep Tayyip Erdogan - Antara/Reuters.
Erdogan khawatirkan masa depan Timur Tengah 1 i Papua
Recep Tayyip Erdogan – Antara/Reuters.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Istanbul, Jubi – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkhawatirkan perseteruan Amerika Serikat dengan Iran merusak stabilitas keamanan kawasan Timur Tengah. Dia menyebut Turki saat ini memantau serius setiap perkembangan dalam perseteruan kedua negara akibat serangan udara yang menewaskan pemimpin pasukan elit Iran, Jumat pekan lalu.

“Turki memantau serius dampak dari pembunuhan Kepala Pasukan Elit Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani,” kata Erdogan dalam sebuah wawancara dengan CNN Turki, Mingggu (5/1/2020).

Jenderal Soleimani tewas dalam sebuah serangan udara Amerika Serikat terhadap konvoi petinggi militer tersebut di Bandara Baghdad, Irak. Komandan milisi Irak Abu Mahdi Al-Muhandis juga terbunuh dalam serangan itu.

“AS dan Israel adalah musuh yang bertanggung jawab atas pembunuhan mujahidin Abu Mahdi Al-Muhandis, dan Qassem Soleimani,” kata jurubicara kelompok payung Pasukan Mobilisasi Populer Ahmed Al-Assadi.

Berdasarkan keterangan kelompok paramiliter Irak, sebanyak tiga roket menghantam Bandara Internasional Baghdad sehingga menewaskan Soleimani dan Muhandis berserta lima anggota paramiliter. Roket yang mendarat di dekat terminal kargo tersebut juga mengakibatkan dua kendaraan terbakar dan melukai sejumlah orang. Pentagon berdalih serangan roket mereka ditujukan untuk menghalangi rencana serbuan Iran pada masa depan.”

Soleimani sebagai Pemimpin Pasukan Pengawal Revolusioner Iran untuk urusan luar negeri memegang peranan kunci dalam pertempuran di Suriah dan Irak. Namanya sangat tenar di dalam maupun luar negeri.

Soleimani sangat berperan dalam menyebarkan pengaruh Iran di Timur Tengah. Kawasan tersebut berusaha dikendalikan Amerika Serikat dan dua musuh bebuyutan Iran, yakni Arab Saudi dan Israel. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us