Follow our news chanel

Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe akhirnya tandatangani surat kuasa

Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe akhirnya tandatangani surat kuasa 1 i Papua
Kedua advokat LP3BH, Thresje Juliantty Gaspersz dan Karel Sineri saat bertemu tiga kliennya, Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe, Sabtu (1/2/2020).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Dua advokat dari Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari akhirnya dapat menemui 3 klien mereka di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Papua Barat, Sabtu, (1/2/2020) .

Direktur Eksekutif LP3BH, Yan Warinussy mengapresiasi Kapolda Papua Barat melalui Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dir.Tahti), karena telah memberi akses yang luas bagi dua orang advokat LP3BH untuk bertemu klien mereka.

Kedua advokat LP3BH, Thresje Juliantty Gaspersz dan Karel Sineri akhirnya dapat bertemu 3 (tiga) orang kliennya, Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe untuk menandatangani surat kuasa.

Penandatangan surat kuasa ini sebagai persiapan pembelaan hak-hak Erik Aliknoe, cs sesuai amanat pasal 50 hingga pasal 68 UU RI No.8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Berkas perkara Erik Aliknoe dkk sudah dilimpahkan oleh Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari, Rabu (29/1/2020).

Rencana persidangan perdana perkara ketiganya, akan dimulai di Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Manokwari, Kamis, (6/2/2020). Agendanya adalah pembacaan surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Loading...
;

“Sayang sekali, karena hingga menjelang sidang perdana ini, meskipun berkas sudah dilimpahkan ke pengadilan. Namun Jaksa belum juga memberi turunan surat pelimpahan perkara beserta surat dakwaan kepada tersangka atau kuasanya atau penasihat hukumnya sesuai diamanatkan secara jelas di dalam pasal 143 ayat (4) KUHAP,” kata Warinussy dalam rilis yang diterima Jubi Sabtu (1/2/2020).

Sedangkan di dalam penjelasan pasal 143 KUHAP disebutkan bahwa yang dimaksud dengan “Surat Pelimpahan perkara” adalah surat pelimpahan itu sendiri lengkap beserta surat dakwaan dan berkas perkara.

“Pengabaian amanat pasal 143 ayat (4) KUHAP ini oleh saudara Jaksa akan turut mempengaruhi persiapan para tersangka bersama para penasihat hukumnya untuk melakukan pembelaan hak dan kepentingan hukum Erik Alikonoe dkk sesuai amanat pasal 54, 55 dan 56 KUHAP,” kata Warinussy yang adalah koordinator Tim Penasihat Hukum bagi Erik Aliknoe, dan kawan-kawan.

Erik dkk ditangkap, ditahan, dan diproses hukum hingga saat ini atas tuduhan melakukan tindak pidana di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, yang terjadi pada hari Selasa, 3 September 2019 sekitar pukul 12:00 WP di Jalan Gunung Salju depan Polsek Amban-Manokwari. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top