Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Eselon III dan IV diwajibkan ikut Diklatpim pola baru

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi – Pejabat struktural eselon III dan IV diperintahkan pemerintah kabupaten dan kota, wajib mengikuti Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) pola baru. 

Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Zakharias Giay, mengatakan selama ini peserta Diklatpim dari Kabupaten masih sangat sedikit. Oleh karena itu, akan ada surat dari gubernur kepada para bupati dan wali kota.

Eselon III dan IV diwajibkan ikut Diklatpim pola baru 1 i Papua

"Jika para bupati bisa menyelenggarakan sendiri seperti Kabupaten Merauke dan sepanjang memenuhi syarat kita akan melakukan di Kabupaten tersebut. Tapi  jika tak memadai, maka akan dilakukan di provinsi," kata Giay kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (4/8/2017).

Menurut ia, keberadaan aparatur sipil negara (ASN) memegang peranan penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, karena pegawai yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

"Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas serta memiliki kompetensi dan komitmen yang penuh dengan kesetiaan, ketaatan kepada negara, bermoral serta sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik," ucapnya.

Ia tekankan, dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon III dan IV memiliki peranan yang sangat menentukan, dalam menjabarkan visi misi instansi ke dalam program-program serta memimpin bawahan dan seluruh stakeholder strategis untuk melaksanakan secara efektif.

Loading...
;

Menyikapi itu, pihaknya memandang perlu penyelengaraan berbagai program pembinaan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi aparatur, di antaranya melalui program diklat kepemimpinan terhadap pejabat struktural eselon III dan IV.

"Diklatpim adalah pendidikan dan pelatihan yang memberikan wawasan, meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur, sehingga mencapai persyaratan kompetensi dalam jenjang jabatan struktural tertentu," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk menyediakan pembiayaan bagi masing-masing staf stuktural maupun fungsional, untuk mengikuti Diklatpim.

"Kehadiran peserta Diklatpim dari sejumlah kabupaten telah menunjukkan perhatian, tapi jumlahnya masih sedikit. Untuk itu, diperlukan pembiayaan bagi masing-masing staf struktural," kata Hery.

Ia tekankan, peningkatan sumber daya manusia sangat penting, hal ini demi melakukan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

"Diklat ini tidak hanya sekadar untuk memenuhi persyaratan jabatan melainkan harus menghasilkan perubahan sikap dan perilaku etika ASN, serta meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam menjalankan tugas organisasi," ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap ke depan para aparatur sipil negara bisa menjadi agen pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top