Follow our news chanel

Fasilitas kesehatan di Papua wajib siapkan sistem kewaspadaan dini Corona

Ilustrasi Antisipasi Virus Corona - Jubi/Langgam.id
Fasilitas kesehatan di Papua wajib siapkan sistem kewaspadaan dini Corona 1 i Papua
Ilustrasi Antisipasi Virus Corona – Jubi/Langgam.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mewajibkan seluruh fasilitas kesehatan menyiapkan sistem kewaspadaan dini dan respons terhadap penularan pneumonia dan penyakit serupa influenza guna mengantisipasi penyebaran virus Corona baru (2019-nCov).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Yoklin Suebu, di Jayapura, Jumat (31/1/2020), menjelaskan pentingnya penerapan surveilans sesuai sistem kewaspadaan dini dan respons (SKDR) pneumonia dan penyakit serupa influenza berbasis mingguan guna mengantisipasi penularan virus Corona.

“Teman-teman di rumah sakit dan jajaran fasilitas kesehatan primer wajib siapkan sistem antisipatif terstandar sesuai kompetensi wajib menurut klasifikasi fasilitas kesehatan masing-masing, screening (pemeriksaan) di pintu masuk instalasi gawat darurat dan instalasi rawat jalan, standar prosedur operasional isolasi sangat ketat,” kata dr. Yoklin.

Ia menjelaskan seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan primer di wilayah Provinsi Papua juga sudah diwajibkan menyiapkan tata laksana standar dalam penanganan penyakit infeksi yang baru muncul mengacu pada surat edaran Kementerian Kesehatan tertanggal 7 Januari 2020 dan tata laksana klinis penanganan infeksi virus Corona sesuai standar Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Yoklin menjelaskan kalau fasilitas kesehatan primer mendapati ada pasien yang diduga terinfeksi virus Corona maka fasilitas kesehatan tersebut mesti merujuknya ke rumah sakit umum daerah sesuai dengan sistem rujukan yang berlaku.

Upaya antisipasi penyebaran virus Corona, menurut dia, juga mencakup edukasi kepada pasien dan warga mengenai seluk belum penularan virus Corona baru serta penyiapan masker dalam jumlah memadai untuk warga.

Loading...
;

Sementara itu, Rumah Sakit Umum (RSU) Nabire melakukan pemeriksaan lebih teliti semua peralatan yang ada di rumah sakit tersebut untuk mengantisipasi wabah virus Corona masuk Nabire.

“Jadi, berkaitan dengan kasus ini, kami diminta oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Dinas Kesehatan Propinsi Papua, untuk mengecek peralatan yang tersedia di RSUD Nabire dan kami sudah lakukan hal itu,” kata Direktur RSU Nabire, dr Andreas Pekey, melalui selulernya kepada Jubi di Nabire, Kamis (30/1/2020).

Pekey menjelaskan dari hasil pengecekan, RSU Nabire memiliki peralatan yang cukup memadai untuk menangani pasien. Akan tetapi, untuk menangani pasien dengan riwayat seperti terkena virus Corona membutuhkan ruangan khusus dan RSU Nabire belum memiliki ruangan khusus tersebut.

“Kami akan tetap berupaya semaksimal mungkin menangani pasien apabila memang ada pasien yang dicurigai terinfeksi Corona. Tapi sejauh ini belum ditemukan kasus,” jelasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top