HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Fatalitas pertama, pembatasan, dan kasus Covid-19 di Pasifik

Fatalitas pertama, pembatasan, dan kasus Covid-19 di Pasifik 1 i Papua
Kota Apia di Samoa, pada Sabtu (21/3/2020) sore, sepi bagai kota mati.- Samoa Observer / Aufai Areta Areta

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Lebih banyak larangan perjalanan dan langkah-langkah lainnya yang telah diberlakukan di kawasan Pasifik akibat meningkatnya jumlah kasus virus corona.

Orang-orang di Polinesia Prancis telah diarahkan untuk tetap tinggal di rumah masing-masing sejak Jumat tengah malam (20/3/2020), untuk setidaknya 15 hari karena wabah virus corona terus menyebar di wilayah itu.

Fatalitas pertama, pembatasan, dan kasus Covid-19 di Pasifik 2 i Papua

Dalam instruksi, Sabtu pagi kemarin (21/3/2020), Komisaris Tinggi Prancis mengumumkan sudah ada 15 orang yang positif virus corona, penambahan empat orang dari hari sebelumnya.

Peraturan baru di wilayah itu melarang penyelenggaraan pertemuan publik dan semua usaha ditutup. Hanya pasar-pasar swalayan, apotek, dan pompa bensin yang akan tetap buka, sementara restoran-restoran diizinkan hanya untuk menjual makanan beli lalu bawa pulang. Layanan perbankan masih akan terus tersedia. Sekolah-sekolah sudah ditutup sejak pertengahan pekan lalu.

Perjalanan antarpulau sudah dibatasi, dan mulai Minggu malam (22/3/2020), penerbangan domestik akan ditangguhkan. Orang -orang yang bukan warga negara atau penduduk tetap juga dilarang masuk.

Penerbangan internasional telah dikurangi, maskapai Air Tahiti Nui merupakan satu-satunya penerbangan penghubung ke Paris.

Secara khusus warga di Atol Rangiroa telah diminta untuk tetap tinggal di dalam rumah mereka, akibat kekhawatiran bahwa virus corona ini telah dibawa masuk oleh pelajar-pelajar yang baru kembali dari Tahiti.

Guam laporkan dua kasus baru dan fatalitas pertama

Gubernur Guam mengumumkan bahwa dua orang lagi dinyatakan positif Covid-19 di wilayah itu.

Lou Leon Guerrero mengatakan pada Jumat (20/3/2020), bahwa 19 orang di wilayah AS itu telah diperiksa terkait virus corona dan semuanya, kecuali dua pasien, ditemukan negatif.

Ia mengatakan secara total, 100 pemeriksaan telah dilakukan hingga saat itu, dimana 14 orang ditemukan positif. Mereka 14 pasien tersebut masih tetap diisolasi.

Hingga Jumat lalu, sudah ada 34 kasus COVID-19 yang dikonfirmasikan di negara-negara dan wilayah Pasifik, ditambah dengan 37 kasus lainnya di negara bagian Hawai’i, AS.

Pada Minggu pagi (22/3/2020), Pemerintah Guam mengumumkan bahwa seorang perempuan berusia 68 tahun telah meninggal dunia karena Covid-19, Minggu dini hari. Ini adalah kematian pertama terkait virus corona di Pasifik.

Dr. Mike Cruz, pejabat pemerintah yang memimpin upaya penanggulangan mengatakan perempuan itu adalah kerabat dari seseorang yang baru-baru saja kembali ke Guam dan membawa Covid-19. Ia mengatakan perempuan itu memiliki sejumlah komorbiditas, termasuk penyakit ginjal tahap akhir, yang melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

Dr. Cruz juga berkata hingga Minggu pagi (22/3/2020), ada 15 kasus yang sudah dikonfirmasikan di Guam.

Tuvalu menyatakan Keadaan Darurat akibat pandemi Covid-19

Pejabat Plt. Gubernur Jenderal di Tuvalu telah mendeklarasikan Keadaan Darurat untuk negara ber-atol itu sehubungan dengan pandemi ini. Keadaan Darurat akan berlaku untuk setidaknya 14 hari.

Sebagai bagian dari deklarasi tersebut, pertemuan publik akan dibatasi agar tidak ada lebih dari 10 orang di satu tempat.

Nauru, Tonga, dan Samoa Juga telah membuat deklarasi yang serupa minggu lalu.

Penerbangan ke Kaledonia Baru dihentikan

Maskapai internasional Kaledonia Baru, Aircalin, telah diperintahkan untuk menghentikan semua penerbangan ke wilayah itu akibat naiknya keprihatinan mengenai krisis yang disebabkan oleh Covid-19.

Pemerintah menginstruksikan penangguhan penerbangan karena kemampuannya untuk mengarantina penumpang yang baru masuk telah mencapai batas maksimum. Ratusan orang yang sampai minggu lalu diisolasi di hotel-hotel, dalam upaya pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus itu.

Dua pengunjung yang terkena virus corona tiba pada Rabu (18/3/2020), menyebabkan penutupan sekolah-sekolah dan memaksa sebagian besar usaha publik, seperti restoran dan bar, untuk berhenti beroperasi.

Aircalin diperkirakan akan menghentikan layanannya saat akhir pekan lalu, tetapi pemerintah memerintahkan penghentian serentak.

Pemerintah mengatakan ada pengecualian diberikan untuk penerbangan darurat. Mereka juga meminta Aircalin untuk membantu rencana memulangkan warga negara Kaledonia Baru yang masih berada di luar negeri.

Pada Minggu pagi ini (22/3/2020), Kaledonia Baru telah mengumumkan dua kasus Covid-19 tambahan, menaikkan jumlah pasien yang positif menjadi empat orang.

Pihak berwenang mengatakan keduanya telah dipindahkan ke bangsal isolasi di rumah sakit. Lebih dari 1.000 orang masih mengisolasi diri di hotel-hotel, sementara 800 lainnya melakukan isolasi di rumah masing-masing.

Kepulauan Mariana Utara berlakukan pembatasan jam malam

Bahkan setelah hasil dari dua dugaan kasus Covid-19 dinyatakan negatif, Kepulauan Mariana Utara (CNMI) melanjutkan upaya perlindungan terhadap wabah virus Corona dengan memberlakukan pembatasan jam malam bagi anak-anak di bawah umur.

Gubernur Ralph Torres mengarahkan Departemen Keamanan Publik dan petugas penegak hukum CNMI, untuk menegakkan peraturan jam malam untuk anak-anak di bawah umur dengan ketat di seluruh pulau Saipan, Tinian, dan Rota. Ini berarti semua orang di bawah usia 18 tahun harus tetap tinggal di dalam rumah mereka dari pukul 7 malam sampai 6 pagi.

Satu-satunya pengecualian atas peraturan ini adalah anak di bawah umur yang didampingi oleh orang tua, wali, atau orang dewasa, yang sedang dalam perjalanan pulang ke rumah, atau yang dipekerjakan secara legal selama jam-jam itu.

Siapa pun yang melanggar peraturan ini dapat dipenjara untuk jangka waktu hingga 30 hari, atau dihukum hingga 250 jam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pada Jumat malam (20/3/2020), dua sampel yang dikirimkan ke Laboratorium Kesehatan Masyarakat Guam kembali dengan hasil negatif Covid-19. CNMI masih bebas dari Covid-19 hingga Jumat.

Orang-orang Kepulauan Cook diberikan akses listrik cuma-cuma

Perusahaan listrik negara Kepulauan Cook, Te Aponga Uira, menyediakan listrik secara cuma-cuma kepada konsumennya, akibat tantangan yang disebabkan oleh Covid-19.

The Cook Islands News melaporkan bahwa paket bantuan perusahaan itu berarti ada pengurangan biaya listrik sebesar 100% untuk pengguna rumah tangga, dan 60% untuk usaha-usaha di Rarotonga, efektif dari pembacaan meter pertama dari Jumat kemarin (21/3/2020), hingga Juni. Pembebasan biaya ini juga berlaku di Pulau Aitutaki.

Te Aponga berkata mereka berharap diskon ini akan membantu usaha-usaha agar tetap mampu mempekerjakan orang-orang, dan membantu keluarga-keluarga dalam menghadapi masa-masa sulit ini.

Samoa menutup perbatasan untuk WNA

Samoa telah menyatakan keadaan darurat yang mulai berlaku tengah malam Jumat lalu.

Perdana Menteri Tuilaepa Sailele Malielegaoi, mengumumkan ini akan berlaku selama 14 hari.

Surat kabar Samoa Observer melaporkan keadaan darurat ini termasuk penutupan perbatasan negara masuk ke Samoa untuk semua orang, kecuali warga negara Samoa yang pulang. Ada juga larangan atas pertemuan publik. Transportasi umum akan dihentikan sementara, klub-klub malam, restoran, dan bioskop juga ditutup.

Jadwal perjalanan ke Pulau Savai’i telah dibatasi hanya tiga hari seminggu. Pegawai negeri non-esensial juga dikurangi jam kerjanya.

Samoa, yang baru saja melalui wabah campak menewaskan 83 orang, pada Jumat, sedang menunggu hasil pemeriksaan untuk dugaan kasus pertama Covid-19. Satu orang yang datang dari Auckland telah diisolasikan di rumah sakit di Apia.

Perdana Menteri Tuilaepa mengumumkan Sabtu malam (21/3/2020) waktu setempat, bahwa hasil sampel yang dikirim ke Selandia Baru untuk pasien itu negatif. Kasus dugaan Covid-19 yang pertama di Samoa, serta lima pasien lainnya negatif, kata PM Tuilaepa.

“Hasil pemeriksaan sudah kembali dan perempuan dari Letogo ini tidak menderita COVID-19, begitu juga dengan lima orang lainnya,” kata Tuilaepa yang dikutip Samoa Observer. “Ini adalah kabar yang sangat baik.”

Nauru

Nauru telah mengumumkan Keadaan Darurat Bencana sambil bersiap-siap menghadapi Covid-19.

Presiden Lionel Aingimea mengatakan dalam pidatonya bahwa tidak ada kasus Covid-19 di Nauru, tetapi dia mengatakan virus itu sangat mematikan jika ia sampai di Nauru. Upaya-upaya karantina dan pembatasan yang ketat diterapkan, mengharuskan semua orang yang datang untuk menghabiskan 14 hari tinggal di akomodasi transisi tertentu, sebelum diizinkan untuk integrasi ke masyarakat umum.

Penerbangan masuk dan keluar Nauru telah dikurangi menjadi satu rute pulang-pergi dari Brisbane, satu kali dalam dua minggu.

Aingimea berkata orang-orang Nauru harus mempraktikkan ‘jarak sosial’ atau social distancing, menghindari kontak langsung dengan orang lain dan pertemuan publik yang tidak penting.

Tonga

Di Tonga, Perdana Menteri DescriptionPohiva Tu’i’onetoa mengumumkan keadaan darurat Covid-19 pada Jumat sore untuk membantu Kerajaan itu mempersiapkan diri menghadapi virus corona.

Semua WNA kini dilarang memasuki Tonga, menurut larangan yang berlaku, hingga 17 April.

Semua warga negara Tonga dan pejabat yang masuk di Kerajaan itu sekarang harus melewati periode karantina selama 14 hari.

Belum ada kasus yang virus Corona dikonfirmasikan di Tonga, namun fasilitas karantina telah didirikan di Pangkalan Militer Taliai di Fua’amotu, dimana sudah ada tiga orang diisolasi. (RNZI)

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.