HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Festival Cycloop II digelar

Panitia festival Cycloop II bersama Ondoafi Sentani saat jumpa pers- Jubi/David Sobolim

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Jayapura, Jubi – Setelah menyelenggarakan Festival Cycloop ke I di pantai pasir 6 pada tahun 2018 lalu, kini festival serupa digelar di Tugu Infantri Rindam XVII Cenderawasih . Puncak acara akan digelar di pada 26 Oktober 2019 .

Festival Cycloop II melibatkan sejumlah pihak seperti Perbankan, Kodam XVII/Cenderawasih dan Dewan Adat Sentani (DAS), serta melibatkan komunitas-komunitas peduli lingkungan di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Ondoafi Sentani, Yanto Eluay mengatakan kampanye perlindungan Cagar Alam Cycloop perlu dilakukan, terutama setelah peristiwa banjir bandang yang menelan ratusan korban jiwa dan harta benda.

โ€œMasyarakat kita memiliki ketergantungan terhadap Cycloop. Kegiatan dalam rangka melindungi dan melestarikan cagar alam ini sangat penting untuk dilakukan,โ€ ujarnya.

Koordinator Festival Cycloop II, Dian Wasaraka menjelaskan dalam kegiatan festival ini akan melibatkan masyarakat yang berada di sekitar daerah penyangga ini seperti dulu.

Festival Cycloop II berlangsung selama dua pekan. Sebelumnya telah diisi dengan sejumlah rangkaian acara, antara lain, pemberian edukasi kepada anak sekolah jenjang sekolah dasar, hingga diikutkannya duta konservasi yang melaksanakan kegiatan edukasi di Rindam XVII Cenderawasih.

Dian menyebut, nantinya duta konservasi akan diberangkatkan ke Jepang untuk kegiatan kampanye lingkungan.

Loading...
;

“Nanti mereka ini akan berangkat ke Jepang, sehingga kegiatan ini juga untuk pembekalan kepada mereka. Kita hadirkan pemateri juga yang kompeten, hingga mengambil pemateri dari luar Papua, dan universitas ternama di Indonesia,” jelasnya.

Dukungan pelaksanaan Festival Cycloop juga disampaikan pihak Kodam XVII Cenderawasih, Wakil Asisten Teritorial (Aster) Kodam XVII Cenderawasih, Letkol Inf Christian Soumokil. Pihaknya mengaku turut merasa memiliki tanggung jawab atas pelestarian lingkungan cagar alam Cycloop.

“Kita juga sangat mendukung kegiatan itu. Ini sudah kedua, jadi kita support terus. Kita juga ingin, warga masyarakat sadar akan pentingnya menjaga alam Cycloop. Kita harus peka akan musibah yang telah terjadi lalu itu. Alam ini harus kita wariskan untuk anak cucu kita, jangan sampai mereka nanti hanya mendengar cerita saja, tapi alam yang indah ini sudah tidak ada lagi. Maka ayo jaga dan lindungi Cycloop bersama-sama,” (*).

Editor : Syam Terrajana

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa