HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Festival Danau Sentani akan berlangsung selama PON XX

Ilustrasi, Tarian Isolo atau tarian di atas perahu tradisional orang Sentani yang biasa dipentaskan pada Festival Danau Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pembangunan infrastruktur untuk kebutuhan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, di Kabupaten Jayapura, sudah mencapai 80 persen.”Baik itu insfratruktur yang baru dibangun dan juga yang direhab, akan siap pada Juni ini,” kata Kepala Dinas pemuda dan olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura, Yaan Yoku, kepada wartawan di Sentani, Selasa (3/3/2020)

Pihaknya sengaja memilih waktu di bulan Juni karena akan di lanjutkan dengan serangkaian acara.”Kalau pembukaan PON bulan Oktober, sehingga kita mulai dengan beberapa acara di bulan Juli โ€“ Agustus. Itu sudah waktu yang bagus,” katanya.

Perhelatan budaya, yakni Festival Danau Sentani akan berlangsung selama digelarnya PON.”FDS selama inikan di lakukan itu paling lama 3-4 hari, untuk PON nanti bupati sudah memerintahkan OPD teknis untuk mempersiapkan FDS itu selama dua Minggu, mulai dari pembukaan sampai penutupan PON,” jelas Yoku.

Pada FDS nanti, tidak hanya akan dimeriahkan warga di Sentani. Namun juga t melibatkan warga dari kabupaten lainnya, termasuk dari provinsi lain di luar Papua.”Kalau (peserta) hanya dari Kabupaten Jayapura saja tidak cukup. Untuk itu kita butuh dukungan dari Kabupaten lain. Juga bisa dari provinsi-provinsi peserta PON,” jelasnya.

Sementara itu, warga Kabupaten Jayapura menyayangkan pembangunan infrastruktur untuk Pon yang sampai mengorbankan lahan hutan Sagu di wilayah itu.

Luis Wally , seorang warga setempat mengatakan, haL itu meMbuaT baNyak warga kecewa.”Ujung-ujungnya masyarakat adat harus pasrah, semua pembangunan di tangan pemerintah harus berjalan,” ujarnya

Loading...
;

Berbagai usaha di lakukan masyarakat adat agar hutan sagu dan lahan yang mereka miliki tidak dialihfungsikan rusak”Negosiasi dengan cara apapun, adat sekarang di pandang sebelah mata, tapi kami harap pembangunan itu bisa berkelanjutan, ramah terhadap lingkungan dan juga memperhatikan masyarakat ada yang bermukim di sekitar pembangunan itu,” kata Wally.(*)

Baca juga  di Kabupaten Jayapura, Gugus tugas penanganan Covid-19 terbentuk sampai ke kampung

Editor: Syam Terrajana

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa