Follow our news chanel

Festival Moti Veerbond, mengenang kejayaan empat kesultanan

Ilustrasi festival, pixabay.com
Festival Moti Veerbond, mengenang kejayaan empat kesultanan 1 i Papua
Ilustrasi festival, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Ternate, Jubi – Festival Moti Veerbond 2019 di Kecamatan Moti, menjadi ajang mengenang kembali sejarah empat Kesultanan Ternate pada tahun 1322 masehi. Agend budaya itu mempunyai makna membangun nilai-nilai dan spirit persatuan dan perdamaian dalam sejarah Moti Veerbond.

“Pelaksanaan Festival Moti Veerbond dilakukan untuk mengenang kembali peristiwa yang terjadi tepatnya 697 tahun lalu,” kata Walikota Ternate, Burhan Abdurahman, Senin, (29/4/2019).

Baca juga : Umat Hindu di Jayapura gelar Festival Ogoh-Ogoh

Dinas Perkebunan berharap tahun ini ada festival kopi

Edukasi makanan sehat dan bergizi di festival vegetarian Biak

 

Loading...
;

Burhan menyebutkan festival itu bemakna membangun nilai-nilai dan spirit persatuan dan perdamaian dalam sejarah Moti Veerbond. “Serta dimanifestasikan kembali dalam sebuah festival yang memadukan antara unsur sejarah, budaya dan potensi alam pulau Moti,”  ujar kata menambahkan.

Menurut dia, festival mengungkap kembali empat kesultanan di kawasan setempat. Meliputi Sultan Ternate, Sultan Tidore, Sultan Jailolo dan Sultan Bacan yang berkumpul di Pulau Moti untuk membentuk suatu persekutuan dan membangun kesadaran tentang pentingnya sebuah kolaborasi, persekutuan yang kemudian dikenal dalam catatan sejarah Moloku Kie Raha sebagai konfederasi Moti Veerbond.

Baca juga : Festival Noken momentum selamatkan hutan Papua

Kampanye lingkungan lewat Festival Cycloop

Kampanye lingkungan lewat Festival Cycloop

Festival budaya itu menjadi agenda pariwisata bernuansa sejarah yang dipahami para sultan dari empat kesultanan di Maluku Kieraha bersepakat melakukan suatu peristiwa besar dalam menegakkan persatuan dan kesatuan.

“Dengan festival Moti Veerbond ini kita mengingat kembali peristiwa itu dan akan seterusnya dijadikan festival Moti Veerbond ini sebagai agenda pariwisata tahunan pemerintah kota Ternate,” kata Burhan menjelaskan. (*)

Editor                    :Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top