Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua
PGRI Kota Jayapura saat menggelar Focus Group Discussion dalam rangka Hari Guru Nasional 2020 dan HUT ke-75 PGRI tingkat Kota Jayapura. - Jubi/Ramah

FGD solusi meningkatkan mutu guru dan pendidikan di masa pandemi

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Jayapura menggelar Focus Group Discussion atau FGD dalam rangka Hari Guru Nasional 2020 dan Hari Ulang Tahun ke-75 PGRI di di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (26/11/2020).

“Focus Group Discussion ini untuk meningkatkan mutu guru dan pendidikan di tengah pandemi Covid-19, dengan meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam proses belajar mengajar,” ujar Pekei usai membuka secara resmi FGD tersebut.

Menurut Pekei, perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan akibat dampak dari Covid-19 tidak membuat guru kendor dalam memberikan ilmu kepada peserta didik di sekolah.

“Oleh karena itu, guru yang tergabung dalam organisasi PGRI ini, harus memiliki kreativitas agar kualitas pendidikan semakin baik, karena kita sudah menerapkan pendidikan sebagai barometer di Tanah Papua,” ujar Pekei.

Dikatakan Pekei, Covid-19 membuat proses belajar dan sistem pendidikan terganggu, salah satunya membatasi proses belajar mengajar di sekolah sehingga dilakukan secara virtual atau daring.

“Tantangan ini bukan membuat kita mengalah atau mundur. Saya yakin dengan upaya yang dilakukan, proses belajar mengajar bisa berjalan lancar. Kita berharap Covid-19 ini segera berakhir. Pendidikan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota Jayapura,” ujar Pekei.

Pekei berharap, melalui Focus Group Discussion tersebut dapat menghasilkan pemikiran cerdas demi pengembangan pendidikan dan meningkatkan mutu guru di ibukota Provinsi Papua ini.

Loading...
;

Baca juga: Sekolah diharap siap saat pemberlakuan belajar tatap muka

Ketua PGRI Kota Jayapura, Robert Johan Betaubun, mengatakan guru sebagai garda terdepan untuk melahirkan anak-anak Papua bermutu khususnya di Kota Jayapura.

“Guru harus terus berusaha memainkan perannya meski di masa pandemi ini. Guru tidak boleh kendor memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya,” ujar Betaubun.

Dikatakan Betaubun, strategi pelaksanaan pembelajaran dari rumah baik secara online, offline atau kunjungan guru (luring), yaitu untuk menyampaikan informasi ke orang tua dan siswa, penyusunan jadwal, penyusunan materi belajar, penyampaian materi melalui media WhatsApp, Google Classroom, Zoom, web sekolah dan web Kemendikbud.

Selain itu, guru memfoto materi yang akan dibahas dan mengirimkannya ke WhatsApp siswa atau orang tua, guru menguraikan cara siswa mengerjakan tugas tanya jawab antarguru dan siswa, memberikan waktu batas pengumpulan tugas, mengikuti kegiatan belajar dan TVRI dan radio.

Guru mengunjungi siswa ke rumah atau siswa yang tidak dapat mengakses internet atau tidak memiliki fasilitas, memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah, dan mengambil modul atau bahan pembelajaran di sekolah. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top