Filep Karma Tolak Grasi, Gubernur Papua: Itu Hak Dia

Jayapura, Jubi – Tahanan Politik Papua Merdeka Filep Karma mengatakan dirinya tidak akan mau bebas dengan alasan apapun, sebelum masa tahanannya, kecuali amnesti atau abolisi.

 

“Saya tetap menolak. Saya melihat isi surat grasi menunjukkan negara tidak punya itikad baik menyelesaikan masalah Papua secara menyeluruh,”kata Karma kepada media di LP Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (17/8/2015).

Kata Karma, kalau negara mau menyelesaikan masalah Papua, tidak hanya membebaskan dirinya. Negara harus membebaskan semua tahanan politik, memulihkan nama baik, menghapus semua daftar Daftar Pencarian Orang (DPO)  dan duduk dengan orang Papua yang mau merdeka.

“Mari kita duduk berpolitik secara dewasa. Kita dialog dengan orang Papua yang mau merdeka, bukan dengan Pemerintah daerah,”tegasnya.

Kata dia, Pemerintah tidak ada niat baik, hanya membebaskan dirinya, apa lagi bebas dengan grasi sangat merubah status dirinya dari tahanan politik menjadi pelaku kriminal. Kata Karma, Dirinya bukan pelaku kriminal melainkan tahanan politik Papua merdeka.

Karena itu, Pemerintah merasa benar untuk membebaskan dirinya dengan grasi tetapi dirinya tidak akan pernah keluar begitu saja. Kalau Pemerintah mau paksa dirinya keluar, kata karma, itu kewenangan Pemerintah untuk memaksa.

Loading...
;

“Saya masuk karena paksa, kalau mereka mau paksa saya keluar itu kekuasaan mereka. Saya sendiri tidak mau keluar dengan sukarela,”tegasnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan penolakan itu bagian dari hak Filep Karma. Karma mempunyai hak menyatakan tolak dan menerima grasi.

“Hak dia sebagai warga negara. Dia punya hak untuk menyatakan itu,”ungkap Enembe setelah memimpin upacara pemberian remisi di LP Abepura, Senin (17/8/2015). (Mawel Benny)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top