HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Forkopimda Tolikara harap Pleno KPU Tolikara berjalan aman

1. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah saat rapat terbatas guna membahas situasi perkembangan Pemilu Serentak di daerah Tolikara dan di Pengunungan Tengah Papua di ruang kerja Bupati Tolikara di Karubaga Sabtu, 27 April 2019 – Jubi/Diskominfo Pemkab Tolikara

 

1. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah saat rapat terbatas guna membahas situasi perkembangan Pemilu Serentak di daerah Tolikara dan di Pengunungan Tengah Papua di ruang kerja Bupati Tolikara di Karubaga Sabtu, 27 April 2019 – Jubi/Diskominfo Pemkab Tolikara

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Karubaga, Jubi – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tolikara menggelar rapat yang membahas perkembangan situasi Pilpres dan Pileg di wilayah Hukum Tolikara dan juga wilayah pengunungan tengah Papua,Sabtu,27 April 2019.

Pertemuan dihadiri Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si bersama Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya,SH dan Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto, Kapolres Tolikara Leonard Akobiarek, serta Ketua Pengadilan Negeri Wamena, Yasib.

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo pada kesempatan itu mengapapresiasi anggota Forkopimda dan stakeholder lainnya di Tolikara, dan di sejumlah Kabupaten khususnya wilayah hukum Kodim 1702 Jayawijaya. Kodim 1702 Jayawijaya memiliki wilayah hukum meliputi wilayah Lapago yang terdiri dari 8 kabupaten.

Dari hasil pantauan sementara Pelaksanaan Pemilu Serentaj 2019, secara  umum berlangsung aman dan tertib, meski ada indikasi pelanggaran di sejumlah TPS dan di PPD. Namun dengan kesigapan aparat keamanan TNI/Polri dan didukung dengan bupati setempat, permasalahan mampu tertangani dengan baik, sehingga tidak meluas.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto telah berhasil mengamankan pesta demokrasi langsung kali ini berlangsung aman dan kondusif di wilayah Lapago meski ada masalah – masalah namun tidak meluas,” ujar Bupati Usman Wanimbo.

Loading...
;

Sementara itu Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf. Candra dianto,SH memaparkan beberapa permasalahan selama Pemilu Serntak, misalnya pembakaran Kantor Distrik di Distrik Nunggawi Kabupaten Tolikara. Pembakaran terjadi lantaran warga curiga ada kecurangan di tingkat PPD dan TPS. Namun dengan kesingapan Kapolres Tolikara AKBP Leonard Akobiarek bersama tim gabungan aparat keamanan TNI/Polri telah berhasil mengatasi masalah ini sehingga tidak meluas.

Menurutnya sesuai hasil pengamatan pemerintah pusat, Kabupaten Tolikara adalah salah satu daerah di Papua yang dinilai paling rawan konflik antar massa di masyarakat selama Pemilu Serentak. Namun kekawatiran itu mampu ditepis oleh semua pihak, termasuk masyarakat luas. Karena masyarakat saat ini sudah paham pemilihan demokrasi langsung sehingga semua berjalan aman dan kondusif.

Dandim menambahkan, situasi yang paling parah terjadi di Kabupaten Nduga Distrik Mambruk. Ada pembakaran C1 KWK hologram dan surat suara, sehingga tidak ada yang tersisa.

Demikian juga di 16 Distrik Kabupaten Nduga C1 KWK hologram dan surat suara hilang dirampas oleh orang tak dikenal, sehingga saat ini KPU Kabupaten Nduga bersama Panwas Kabupaten masih menunggu jawaban KPU RI mengenai solusi yang harus dilakukan pada situasi tersebut.

Sementara itu di Kota Wamena, ada 12 distrik yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), karana ada pelanggaran di PPD.

Sedangkan di Kabupaten Mamberamo Tengah ada indikasi pembakaran Kantor KPU Mamteng, namun tidak terjadi. Terakhir, di Kabupaten Yalimo serta Kabupaten Pengunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo, Pemilu Serentak berjalandalam situasi masih aman dan kondusif.

“Saya berharap situasi pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang berlangsung aman dan kondusif di wilayah hukum Kodim 1702 Jayawijaya, yakni di Pengunungan Tengah Papua ini patut dijaga bersama, sehingga pada saat Pleno KPU tidak terjadi hal – hal buruk yang tidak kita inginkan bersama,” tegas Dandim Candra Dianto.

Sementara itu Kapolres Tolikara AKBP Leonard Akobiarek menyatakan kesiapannya untuk mengamankan pelaksanaan pleno KPU Tolikara yang direncanakan akan digelar hari ini, Senin, 29 April 2019.

Polri sudah menyiapkan sejumlah personel yang disiapkan terdiri dari anggota Polres 198 orang, dan Brimob Jayapura 20 orang, Brimob Paniki dari Manado 30 orang, pasukan pembantuan dari Polda Papua 54 orang, Perwira Pamatir dari Polda Papua 2 orang, Pos Kanggime 10 orang, Pos Bokondini 10 orang dibantu dengan pos TNI Karubaga, yang siap ditempatkan di beberapa tempat yang dianggap rawan, dan sudah dipetakan.

Kapolres Leonard Akobiarek menambahkan akan menurunkan personel untuk mengeledah rumah – rumah warga di Kota Karubaga dan sekitarnya untuk menyita alat tajam berupa pisau, parang, dan tombak, maupun busur dan sejenisnya.

“Saya mengimbau kepada para caleg untuk tidak mengerakkan massanya turun ke kota apalagi ke kantor KPU. Apabila ada Caleg yang ditemui menggerakkan massa, Caleg itu ditangkap aparat karena dianggap melawan imbauan kami,” ujar Kapolres Leonard Akobiarek.

Surat imbauan sudah disiapkan. Kapolsek Karubaga, Isak Akoka telah menyebarkan surat imbauan itu untuk disampaikan pada ibadah Minggu pagi, (28/4/2019), di Gereja – gereja di seluruh Tolikara.

Surat berisi imbauan itu untuk memberitahukan bahwa selama Pleno di KPU, masyarakat tidak diizinkan membawa alat tajam, busur dan lainnya. Selain itu melarang para Caleg menggerakkan massanya turun ke Kota Karubaga,  apalagi mendekati kantor KPU dan Panwas.

Usai pertemuan Forkopimda, Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo, Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto dan Kapolres Tolikara Leonard Akobiarek melakukan kunjungan kerja ke kantor KPU Tolikara dan Kantor Panwas Tolikara guna memantau situasi atau perkembangan tahapan proses penerimaan kotak suara hasil pleno dari setiap PPD Distrik.

Dari hasil pantauan itu semua berjalan sesuai tahapan dan mekanisme meski ada ada laporan di Panwas ada indikasi pelanggaran di setiapTPS. (Diskominfo Pemkab Tolikara*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa