Forum Lintas Agama Minta Dukungan Dana Pemkab Merauke

 

toleransi
Wakil Bupati Merauke, Sunarjo. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke dalam setiap bulan mengagendakan pertemuan Forum Lintas Agama baik dari Katolik, Protestan, Islam, Hindu dan Budha. Pertemuan rutin itu tidak lain untuk lebih merekatkan hubungan antar agama sekaligus mencegah yang namanya gesekan SARA.

Wakil Bupati Merauke, Sunarjo kepada sejumlah wartawan usai pertemuan Rabu (12/8/2015) mengatakan, sesuai agenda, kegiatan dimaksud dilaksanakan secara rutin tiap bulan. “Memang dalam beberapa bulan terakhir, tidak sempat dilakukan. Karena ada beberapa kesibukan penting yang harus dituntaskan,” ujarnya.

Namun demikian, jelas Sunarjo, hari ini pertemuan kembali terlaksana yang dihadiri oleh utusan dari lima agama. “Memang dalam pertemuan dimaksud, ada beberapa permintaan yang disampaikan seperti dukungan dana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke kepada Forum Lintas Agama,” katanya.

Pada prinsipnya, lanjut dia, pemerintah tetap akan mengakomodir. Hanya saja, harus disesuaikan dengan kebutuhan keuangan daerah serta perlu melalui beberapa tahapan terlebih dahulu, misalnya dalam bentuk proposal agar dapat dimasukan dalam perencanaan untuk dibahas dan ditetapkan dalam APBD.

“Pemerintah tidak dengan serta merta akan memberikan dana begitu saja, karena aturan sekarang sangat ketat. Sehingga harus melalui perencanaan terlebih dahulu dan masuk dalam APBD Kabupaten Merauke,” tuturnya.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka beberapa waktu lalu mengatakan, pertemuan antara tokoh agama sangat penting dilakukan untuk sama-sama menjaga dan menciptakan kedamaian di negeri ini. Karena Merauke adalah daerah paling aman dan toleransi antar umat beragama sangat tinggi dibangun dari tahun ke tahun. (Frans L Kobun)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top