HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Foto PM Pōhiva dan PM Bainimarama sumber gurauan di Tonga

Perdana Menteri PNG, James Marape (ki), Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama dan Perdana Menteri Tonga, 'Akilisi Pōhiva. - Kaniva Tonga/ PNG News (Facebook)
Foto PM Pōhiva dan PM Bainimarama sumber gurauan di Tonga 1 i Papua
Perdana Menteri PNG, James Marape (ki), Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama dan Perdana Menteri Tonga, ‘Akilisi Pōhiva. – Kaniva Tonga/ PNG News (Facebook)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Foto Perdana Menteri Tonga, ‘Akilisi Pōhiva, dan Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, telah menjadi sumber gurauan daring di Tonga, tentang keduanya membahas dimana keberadaan Letnan Kolonel Ratu Tevita Uluilakeba Mara.

Letkol Mara, yang merupakan komandan Resimen Infanteri ke-3 Fiji, pada 2011 dituduh merencanakan penggulingan pemerintah Bainimarama. Saat itu ia adalah orang paling berkuasa kedua di Fiji setelah Bainimarama. Letkol Mara lalu mencari suaka di Tonga.

Foto PM Pōhiva dan PM Bainimarama sumber gurauan di Tonga 2 i Papua

Dalam foto itu juga terlihat Perdana Menteri PNG, James Marape. Foto ini diyakini diambil minggu lalu di Tuvalu saat KTT PIF 2019, sebelum dibagikan melalui Facebook.

Mara dan koleganya, Brigadir Jenderal Pita Diriti, ditangkap dan dituduh melakukan pemberontakan terhadap Bainimarama. Brigjen Diriti dijatuhi hukuman penjara lima tahun pada 2013.

Sementara dibebaskan dengan jaminan, keluarga Mara diduga menghubungi sepupu mereka anggota kerajaan di Tonga. Pada Mei 2011, kapal Angkatan Laut Tonga, Savea, dilaporkan diam-diam menjemput Mara di sebelah selatan Ono-i-Lau dan membawanya ke Nuku’alofa.

Penyelamatan Mara itu sempat menyebabkan ketegangan antara kedua negara tetangga.

Pada saat itu, Bainimarama mendesak kerajaan Tonga untuk mengembalikan Mara ke Fiji. Dia menuduh pihak berwenang Tonga berkomplot untuk menyelundupkan Mara dari negaranya.

Penasihat Media dan Komunikasi Perdana Menteri saat itu, ‘Ahongalu Fusimalohi, berkata Mara telah diberikan paspor Tonga. Mara kini berada di bawah perlindungan Raja Tonga.

Pada 2013, Fiji Sun melaporkan bahwa Mara bekerja sebagai sekretaris pribadi Raja Tupou VI. (Kaniva Tonga)


Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.