Follow our news chanel

Previous
Next

Freddy Numberi meminta aksi anarkis dihentikan, Kemensos akan bantu korban amuk massa

Aksi demonstrasi menolak rasisme lanjutan di Kota Jayapura – Jubi/Agus Pabika.
Freddy Numberi meminta aksi anarkis dihentikan, Kemensos akan bantu korban amuk massa 1 i Papua
Aksi demonstrasi menolak rasisme di Kota Jayapura pada Kamis (29/8/2019). – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jumat – Kantor Berita Antara melansir pernyataan tokoh masyarakat Papua, Freddy Numberi yang meminta seluruh masyarakat Papua untuk tetap tenang dan tidak bertindak anarkis dalam berunjukrasa menolak rasisme dan persekusi yang dialami para mahasiswa Papua di Surabaya. Ia meminta masyarakat Papua mau menunggu aparat penegak hukum bekerja.

“Saya imbau kepada adik-adik di Papua kembalikan, percayakan kepada petugas untuk menyelesaikan. Jangan merusak, itu kasihan juga karena yang membangun itu rakyat sendiri,” kata Freddy Numberi saat konferensi pers bersama Menko Polhukam Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu juga berharap masyarakat Papua mempercayakan penyelesaian kasus rasisme dan persekusi para mahasiswa Papua di Surabaya kepada aparat penegak hukum. Ia juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Papua untuk terus mengedepankan komunikasi atau dialog dari pada melakukan aksi pengerusakan.

Freddy pun siap membantu menjembatani komunikasi tersebut asalkan masyarakat dapat berpikiran jernih. “Kalau Indonesia makmur, negara-negara tetangga takut kemudian mereka ingin pecah belah. Makin global kepentingan, semakin banyak akan dipecah-pecah. Kalau tidak kita bersama dirangkul. Kita bangun kembali tenang. Tidak semudah membalik telapak tangan memang, tapi ada upaya kita,” paparnya.

Kementerian Sosial atau Kemensos segera turunkan bantuan untuk korban-korban yang terdampak dari kerusuhan di Papua. Hal itu disampaikan oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang kepada Kantor Berita Antara di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

“Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat yang terdampak bencana sosial tersebut. Bantuan akan diberikan setelah dilakukan penilaian,” kata dia.

Loading...
;

Rencananya penilaian akan dilakukan pada Senin (2/9), pihaknya akan mengirimkan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial ke Papua untuk melakukan penilaian tersebut.

Dari hasil penilaian tersebut maka Kemensos akan tahu seberapa banyak warga yang akan dibantu, dan seberapa besar anggaran yang diturunkan untuk bantuan sosial tersebut. “Setelah dilakukan verifikasi dan validasi terhadap korban, baik korban luka, korban jiwa atau korban yang sifatnya material seperti toko-toko yang hancur dan sebagainya makan akan diberi bantuan yang sifatnya simultan,” kata dia.

Selain itu Kementerian Sosial juga menunggu verifikasi dan validasi data korban dari pemerintah daerah setempat. “Kami punya balai di sana, kami akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan penilaian,” kata dia.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top