Follow our news chanel

Previous
Next

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Panen kacang tanah di Distrik Kemtuk, Kabupaten Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.

Gairah bertani semakin meningkat sejak pandemi

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiPemerintah Kabupaten Jayapura menggiatkan program pengelolaan sumber daya alam lokal selama pandemi Covid-19. Gerakan tersebut mendapat respon positif dari warga, terutama di perkampungan.

“Warga di 12 kampung menghabiskan (sebagian besar waktu mereka) untuk bertani dan berternak. Mereka mengelola (lahan) sayur, umbi-umbian, dan kacang tanah, serta usaha (peternakan) ayam potong dan petelur,” kata Kepala Distrik Kemtuk Junno R Marbase, Kamis (1/10/2020).

Usaha tani dan peternakan itu tidak hanya digeluti para petani, tetapi juga pegawai kantoran dan para pelajar. Mereka mengolah lahan seusai berdinas atau menyelesaikan tugas sekolah.

Marbase mengatakan warga tetap mematuhi protokol kesehatan maupun pembatasan jadwal aktivitas umum. Mereka juga gencar menyosialisasikan aturan tersebut.

“Ada sebagian kecil yang masih melanggar (mengabaikan protokol kesehatan), tetapi sejauh ini belum ada warga terpapar (terjangkit Covid-19) di Kemtuk. Kami juga terus bersosialisasi dari rumah ke rumah, menanyakan kendala warga selama masa pandemi,” jelasnya.

Marbase memastikan penerapan protokol kesehatan maupun pembatasan jadwal aktivitas umum tidak memengaruhi kegiatan sosial dan ekonomi di masyarakat. Warga tetap bersemangat menggarap lahan masing-masing.

“Ada yang sudah empat kali panen selama pandemi. Hasilnya dijual kepada warga lain, dan pemerintah saat ada kegiatan seremonial,” ujarnya.

Loading...
;

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie mengatakan kesadaran warga sangat dibutuhkan dalam menanggulangi pandemi Covid-19. “Penularan virus korona tidak pandang bulu. Satu-satunya cara mencegahnya ialah dengan melaksanakan protokol kesehatan.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Scroll to Top