Gakkumdu Manokwari harus berani tindak pelaku politik uang

Papua
Unjuk rasa antipolitik uang pada Pilkada Manokwari 2020, beberapa waktu lalu - Jubi/Hans A Kapisa

Papua No.1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Istri dari seorang kandidat diduga mempraktik politik uang pada Pilkada Manokwari. Sentra Gabungan Penegakkan Hukum Terpadu atau Gakkumdu diminta segera menelusuri dugaan kecurangan tersebut.

“Jika itu terbukti benar, Gakkumdu dapat memprosesnya sehingga pelau diseret ke pengadilan. Itu pernah dilakukan Gakummdu Manokwari pada Pemilu 2019. pernah kata Warinussy dalam siaran persnya Minggu, (13/12/2020) malam,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan Bantuan Hukum (LPPPBH) Manokwari Yan Christian Warinussy dalam siaran pers, Minggu malam (13/12/2020).

Berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat, pelaku diduga memberi uang kepada sejumlah petugas tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Manokwari. Warinussy mendesak penegakkan hukum terhadap pelaku demi meningkatkan kepercayaan dan kepatuhan hukum di masyarakat.

“Gakkumdu pernah menyeret tiga anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Distrik Manokwari Barat pada Pemilu 2019. Mereka akhirnya divonis bersalah oleh pengadilan  sehingga dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Manokwari. Gakkumdu Biak Numfor juga pernah menyeret Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Supiori hingga ke Lapas Biak,” jelas Warinussy.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Papua Barat Nazil Hilmie telah mengimbau warga bersama-sama mengawal hasil pilkada di sembilan daerah di Papua Barat. Dia juga menyakinkan mereka berupaya seoptimal mungkin dalam menegakan menegakkan keadilan pada Pilkada 2020.

“Kita bersama-sama mengawal Pilkada 2020. Siapa pun yang terpilih, itu merupakan suara murni aspirasi (pilihan) rakyat. Bersama Bawaslu, kita tegakkan keadilan pemilu,” kata Nazil melalui keterangan tertulis, pekan lalu. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top