Follow our news chanel

Previous
Next

Galeri kerajinan mesti diperbanyak jelang PON 2020

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw (kiri) berbincang dengan perajin kulit kayu di Kampung Asei Pulau, Distrik Sentani Timur - Jubi/Engelbert Wally.
Galeri kerajinan mesti diperbanyak jelang PON 2020 1 i Papua
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw (kiri) berbincang dengan perajin kulit kayu di Kampung Asei Pulau, Distrik Sentani Timur – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menginstruksikan jajarannya memperbanyak galeri kerajinan khas Papua. Instruksi ditujukan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, serta Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Jayapura.

“Kita sudah punya satu galeri yang dibuat Dinas UMKM dan Koperasi. Harus ada (dibangun lagi) galeri di beberapa titik (lokasi),” kata Bupati Awoitauw, Selasa (14/1/2020).

Pembangunan sejumlah galeri baru untuk mendukung penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober mendatang. Sejumlah perajin saat ini mulai mengenjot produksi mereka untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama iven olah raga nasional tersebut. Selain menjual sendiri, perajin membutuhkan galeri untuk menampung dan memasarkan kerajinan mereka.

“Lukisan kulit kayu, dan aneka kerajinan tangan lain sudah banyak diproduksi masyarakat. (Sekarang), tinggal (disiapkan) tempat (galeri) untuk menampung hasil karya mereka,” ujar Awoitauw.

Selain kerajinan tangan, kuliner khas daerah perlu disiapkan untuk disajikan kepada tetamu maupun peserta PON XX. Dengan demikian, penyelenggaraan PON berdampak luas terhadap perekonomian lokal.

“Bahan dasarnya (kuliner) ialah sagu, umbi-umbian, ikan segar, dan sayur-mayur  agar ada kesan tersendiri bagi mereka (pengunjung). Dengan demikian, (penyelenggaraan) PON benar-benar berdampak bagi masyarakat lokal,” kata Awoitauw.

Loading...
;

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Suryono mengatakan mereka akan mendata kembali para perajin beserta kapasitas produksi masing-masing. Pendataan itu bakal menjadi bahan pertimbangan dalam penetapan lokasi pembangunan galeri baru.

“Pembangunan galeri bukan hanya karena sebuah moment (peristiwa) penting, melainkan harus (mempertimbangkan) kesinambungan (produksi). Karena itu, galeri akan dibangun dekat dengan para pengrajin (pusat kerajinan),” jelas Joko. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top