Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Gandeng TNI, Merauke cetak 800 hektare sawah baru

Penanaman perdana padi pada areal persawahan baru di Kampung Sumber Harapan, Distrik Tanah Miring, Merauke, Jumat (15/11/2019) - Jubi/Frans L Kobun.
Gandeng TNI, Merauke cetak 800 hektare sawah baru 1 i Papua
Penanaman perdana padi pada areal persawahan baru di Kampung Sumber Harapan, Distrik Tanah Miring, Merauke, Jumat (15/11/2019) – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pemerintah Kabupaten Merauke, dengan melibatkan TNI Angkatan Darat mencetak 800 hektare persawahan baru. Salah satu lokasinya berada di Satuan Permukiman (SP) 3, Kampung Sumber Harapan, Distrik Tanah Miring.

Peresmian areal persawahan baru seluas 150 hektare itu ditandai penanaman perdana padi oleh Asisten Teritorial Kepala Staf TNI Angkatan Darat  Mayjen Bhakti Agus Fadjari, Jumat (15/11/2019). Penanaman perdana tersebut juga diikuti Wakil Bupati Merauke Sularso beserta sejumlah pejabat daerah, masyarakat dan pemilik lahan ulayat.

“Saya ke sini, ingin memastikan kegiatan (penyelesaian) pencetakan sawah seluas 800 hektare di Merauke. Selain di Sumber Harapan, lokasinya tersebar di beberapa kampung, di antaranya di Kaliki,” kata Bhakti.

Dari 800 hektare lahan persawahan baru di Merauke, seluas 600 hektar, di antaranya telah selesai dikerjakan dan diserahterimakan kepada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan. Adapun selebihnya, masih dalam tahap penyelesaian.

“Umumnya, pembukaan lahan (pencetakan sawah ) sudah diselesaikan. Akhir bulan ini, (seluruhnya ditargetkan) sudah selesai (rampung),” ujar Bhakti.

Program pencetakan sawah bertujuan meningkatkan produksi padi di Merauke sehingga keinginan pemerintah untuk berswasembada pangan tercapai. Menurut Bhakti, para bintara pembina desa (babinsa) akan bekerja sama dengan penyuluh pertanian dan kelompok tani untuk meningkat produksi tersebut. “Apalagi, saya melihat hubungan antara pemerintah, TNI dan masyarakat sangat baik di sini.”

Loading...
;

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Merauke Eddy Santoso menambahkan mereka telah lama menjalin kerja sama dengan pihak TNI dalam program pencetakan sawah. Ada sekitar 8.900 hektare sawah baru yang dihasilkan sejak 2015.

“Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) juga berkontribusi besar, dengan membangun saluran irigasi. Semua ini tentu sangat mendukung peningkatan produksi padi ke depan. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top