Follow our news chanel

Ganja masuk sekolah, pola pencegahan harus dievaluasi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menilai, pola atau cara pencegahan Narkoba dan minuman beralkohol (minol) dikalangan generasi muda harus dievaluasi.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan kejadian yang terjadi beberapa hari lalu, di SMP Nimboran, Kabupaten Jayapura tentu mengejutkan dunia pendidikan.

"Hal ini membuktikan, ganja telah beredar pada generasi muda Papua, yang artinya upaya yang dilakukan selama ini perlu dikaji kembali misalnya langkah teknik seperti apa paling tepat atau setidaknya mampu menangkal," Kata Elia kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (10/2/2017).

Elia menekankan peran orang tua dalam pencegahan, mengingat waktu anak lebih banyak di rumah. Namun guru juga seharusnya mencari jalan lain yang lebih praktis, dengan pembinaan akhlak, moral dan agama.

"Pembinaan bisa juga dilakukan orang tua lewat diskusi, misalnya sambil minum teh bersama atau makan bersama. Tapi dengan catatan tidak menggunakan handphone selama duduk bersama," tambahnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Protasius Lobya menyatakan, akan segera menurunkan tim pengawas guna melakukan pengecekan terhadap puluhan siswa yang kedapatan melakukan pesta ganja di sekolah.

Loading...
;

"Saya tugaskan pengawas kesana untuk mengecek lebih lanjut," kata Protasius.

Menurut dia, pesta ganja oleh puluhan siswa dalam lingkungan sekolah bukan lagi sebagai keprihatinan bagi dunia pendidikan, tetapi merupakan satu tindakan atau perbuatan yang sangat keterlaluan.

"Saya minta harus dicari tahu dulu sumber ganja itu datang dari mana. Apakah dari luar atau memang ditanam di sana. Kemudian harus pula diketahui apakah ganja itu diedarkan oleh siswa atau pihak luar," ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top