Follow our news chanel

Ganti rugi tanah di Muting Dua, Pemkab Merauke tak tutup mata

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Daniel Pauta, mengungkapkan pemerintah setempat tak pernah menutup mata untuk penyelesaian pembayaran ganti rugi tanah puskesmas maupun Sekolah Dasar Inpres (SDI) Muting Dua, Distrik Ulilin.

“Memang dulunya tanah yang telah dimanfaatkan untuk dibangun sejumlah fasilitas umum adalah tanah milik kampung. Hanya saja, belakangan ada orang mengklaim sebagai miliknya,” ujar Sekda Pauta, kepada sejumlah wartawan, Senin (15/10/2018).

Dikatakan, awalnya masyarakat ingin melakukan pemalangan beberapa bangunan tersebut, namun diberikan gambaran bahwa kalau dilakukan, otomatis pelayanan kesehatan maupun proses belajar mengajar dipastikan tak berjalan baik.

Lalu, lanjut Sekda, jika pemalangan dilakukan, tentunya yang dirugikan adalah masyarakat sendiri. Sehingga keputusan terakhir dari marga Ndiken, hanya dipasang sasi dan berbagai aktivitas tetap berjalan sebagaimana biasa.

Sedangkan proses pembayaran, lanjut Pauta, harus ditelusuri kembali dengan baik. Tetapi bahwa jika itu hak masyarakat, pemerintah akan tetap membayar.

“Saya sudah minta agar masyarakat mencari dokumen berkaitan dengan kepemilikan tanah untuk diserahkan kepada pemerintah untuk diteliti kembali,” ungkapnya.

Loading...
;

Ditanya jika Pemkab Merauke telah mengalokasikan dana senilai Rp 500 juta dalam APBD-Perubahan, Sekda menegaskan dari mana pemerintah mendapatkan uang.

“Kita mau bayar dasarnya apa dulu. Tidak bisa serta merta dibayar tanpa adanya dokumen kepemilikan tanah diserahkan,” tegasnya.

Kepala Distrik Ulilin, John Mehuzet Kayame, mengaku pihaknya akan menemui masyarakat pemilik ulayat sekaligus meminta sejumlah dokumen seperti surat dari Lembaga Masyarakat Adat (LMA), silsilah tanah, dan sejumlah persyaratan lain.

Dokumen persyaratan dimaksud, menurutnya, akan dibawa dan diserahkan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti dengan proses pembayaran. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top