Follow our news chanel

Previous
Next

Gedung Asrama Putra Kimaam mulai keropos

Papua
Asrama Putra Kimaam, Kabupaten Merauke - Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Kimaam, JubiKondisi Asrama Putra Kimaam sangat memprihatinkan. Asrama tersebut selama ini menjadi hunian alternatif bagi para siswa yang bersekolah di SMP maupun SMA di Distrik Kimaam, Merauke.

“Kondisi bangunannya mulai keropos. Atap seng dan plafon rusak, kaca jendela pecah, serta kabel listrik di sejumlah kamar putus. WC tersumbat, dan tempat tidur juga rusak,” kata Pembina Asrama Putra Kimaam Pastor Silvester Tokio kepada Jubi, Jumat (21/8/2020).

Pengelola asrama belum merenovasi fasilitas tersebut karena ketiadaan dana. Anggaran sebesar Rp450 juta setahun dari Pemerintah Kabupaten Merauke hanya dialokasikan untuk membiaya kebutuhan hidup penghuni asrama.

“Kalau dana itu dimanfaatkan untuk merenovasi asrama, sudah pasti mengganggu (pemenuhan terhadap) kebutuhan makan-minum anak-anak (penghuni asrama). Setiap hari mereka perlu makan agar bisa berkonsentrasi saat belajar di sekolah,” lanjut Silvester.

Karena kondisi tersebut, pengelola saat ini membatasi jumlah penghuni asrama. Mereka hanya menerima 50 siswa atau separuh dari daya tampung asrama, yang sebanyak 100 orang.

Tokoh Pemuda Kimaam Emanuel Buyuka mempertanyakan tanggung jawab pemerintah setempat terhadap kondisi Asrama Putra Kimaam. “Mereka yang tinggal di asrama tersebut ialah Orang Asli Papua. Jika kondisi bangunannya seperti demikian (tidak layak), mereka tentu tidak akan nyaman tinggal dan belajar di asrama.” (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top