HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Gelar telekonferensi, Wagub Papua cek penanganan pandemi Covid-19

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. - Jubi/Alex
Gelar telekonferensi, Wagub Papua cek penanganan pandemi Covid-19 1 i Papua
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengecek perkembangan penanganan wabah Covid-19 melalui telekonferensi dengan 29 bupati dan wali kota se-Papua, Senin (4/5/2020). Tinal menilai pemerintah daerah di Papua sudah bekerja dengan baik dalam menangani pandemi itu.

Tinal menyatakan jika ada kelemahan dalam penanganan Covid-19, itu hal teknis yang terjadi karena standar prosedur tidak dijalankan. “Makanya kami tadi mengingatkan kembali, agar jajaran di kabupaten/kota lebih disiplin dengan mengikuti standar prosedur penanganan Covid-19,” kata Tinal di Jayapura, Senin.

Gelar telekonferensi, Wagub Papua cek penanganan pandemi Covid-19 2 i Papua

Selain mengecek kondisi setiap kabupaten/kota, dalam telekonferensi itu Tinal juga menjelaskan rincian bantuan Pemerintah Provinsi Papua kepada pemerintah kabupaten/kota maupun rumah sakit. “Rapat evaluasi itu bukan yang terakhir, tapi awal. Jadi, pertemuan berbasis elektronik ini akan dilakukan secara berkala, sampai situasi [wabah Covid-19] selesai,” ujarnya.

Tinal menyebut laju pertambahan kasus baru positif korona di Papua sangat pesat. Ia menyatakan hal itu bisa dilihat sebagai sesuatu yang positif mupun negatif. Jika dilihat secara positif, lajunya konfirmasi kasus baru positif korona menunjukkan penanganan Covid-19 di Papua telah dilakukan secara masif.

Akan tetapi, jika dilihat secara negatif, laju pertambahan kasus baru di Papua menunjukkan penularan virus korona terjadi secara masih. Oleh karena itu, Tinal meminta semua pihak mempercepat proses penapisan Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan Orang dalam Pemantuan (ODP) dengan tes, sehingga setiap kasus infeksi virus korona cepat terdeteksi dan ditangani.

Dalam telekonferensi itu, para bupati/wali kota meminta Pemerintah Provinsi Papua tidak mengurangi besaran Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua bagi pemerintah kabupaten/kota. Tinal menyatakan porsi Dana Otsus Papua bagi 29 kabupaten/kota tidak akan dikurangi, tetap 80 persen dari total nilai kucuran Dana Otsus Papua.

Tinal berharap para bupati/wali kota tetap giat menangani pandemi Covid-19. “Poinnya, apa pun yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Papua, akan kami lakukan, semuanya. Bahkan, kami sudah mengambil kebijakan yang lebih, karena kami peduli dengan situasi yang dihadapi Papua saat ini,” kata Tinal.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top