Gelombang Kedua Penerimaan IPDN Diharapkan Ada Keterwakilan Kabupaten Kota

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen Bersama Petugas dan Masyarakat Melihat Hasil Tes Secara Online Calon Praja IPDN 2016 Di Layar Kaca Yang Disediakan Kantor BKN Jayapura - Jubi/Alex
Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen Bersama Petugas dan Masyarakat Melihat Hasil Tes Secara Online Calon Praja IPDN 2016 Di Layar Kaca Yang Disediakan Kantor BKN Jayapura – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua mengharapkan, gelombang kedua penerimaan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang akan dimulai pada 5-10 Agustus 2016, ada keterwakilan dari kabupaten dan kota se Papua.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (5/8/2016) mengatakan untuk gelombang kedua penerimaan calon praja IPDN, Papua mendapat jatah 43 orang dan Papua Barat sebanyak 33 orang.

“Kami usahakan dengan afirmasi ini ada keterwakilan dari semua kabupaten/kota se-Papua,” katanya.

Menurut ia, adanya keterwakilan dari kabupaten/kota sesuai dengan keinginan Gubernur Papua, dengan tujuan meningkatkat SDM serta aparat kampung kedepan bisa dijabat oleh seorang Pamong.

“Ini sesuai dengan petunjuk Gubernur, sehinga diusahakan harus ada keterwakilan dari kabupaten/kota,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan tes gelombang kedua ini peserta akan menjalani tes wawancara, kesehatan, dan pada keesokan harinya akan melakukan tes psikolog serta pantukhir. “Untuk tes wawancara akan langsung dipimpin oleh tim dari IPDN Pusat,” ucapnya lagi.

Meskipun Papua sudah mendapat afirmasi, ujar Auri, seluruh proses seleksi akan tetap dilakukan sesuai mekanisme dan akan ditentukan nilai komulatif yang diperoleh pada saat mengikuti tes. “Jika mereka ini dinyatakan lulus, maka akan di kirim ke kampus IPDN Jatinangor,” kata Auri.

Loading...
;

Sementara itu, Gubernur IPDN Ermaya Suradinata mengatakan Provinsi Papua dan Papua Barat diberi afirmasi melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) masing-masing 43 dan 33 orang.

“Total dua provinsi ini adalah 76 orang di mana khusus untuk Papua berjumlah 43 orang yang nantinya setelah lulus seleksi akan mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) pada 9 Agustus 2016,” kata Ermaya.

Menurut ia, dalam penerimaan calon praja IPDN melalui jalur afirmasi kali ini telah mendaftar sebanyak 140 orang dan yang datang mengkonfirmasi 120 orang.

“Dari 120 orang ini nantinya akan mengikuti serangkaian tes oleh tim dari Mabes TNI hingga memperoleh jumlah 43 orang,” ucapnya.

Mengenai tim yang akan menyeleksi mulai dari tes psikologi, kesehatan, kesamaptaan atau JAS akan dilakukan oleh Mabes TNI, sedangkan tes wawancara oleh IPDN sendiri.

“Hasil tes seleksi melalui jalur afirmasi ini rencananya akan diumumkan pada Sabtu sore (6/8) dan paling lambat Minggu (7/8) secara daring (online),” tutupnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top