HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Gempa 4,9 SR guncang Yalimo

Informasi kejadian gempa di Yalimo - BMKG.
Informasi kejadian gempa di Yalimo – BMKG.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gempa tektonik berkekuatan 4,9 skala richter mengguncang Kabupaten Yalimo, sekitar pukul 13.37 Waktu Papua, Sabtu (7/3/2020). Pusat gempa berada di daratan, sekitar 46 kilometer arah tenggara Elelim, ibu kota Yalimo, dan berkedalaman 47 kilometer.

“Parameter awal magnitudo gempa mengalami pemutakhiran (dikoreksi), dari 5,2 menjadi 4,9 (skala richter). Pusat gempa berada pada koordinat 3.95 Lintang Selatan, dan 139.42 Bujur Timur,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono kepada Jubi, Sabtu (7/02/2020).

Berdasarkan lokasi episenterum dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut tergolong dangkal. Guncanggannya terjadi akibat pergerakan patahan atau sesar lokal secara mendatar.

“Guncangan (akibat) gempa dirasakan hingga di Wamena (Kabupaten Jayawijaya). Belum ada laporan kerusakan hingga saat ini,” ujar Rahmat.

Berdasarkan pemodelannya, gempa di Yalimo tidak berpotensi tsunami.  Hingga sekitar sejam setelah kejadian, tidak ada tanda-tanda bakal terjadi gempa susulan.

Rahmat mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Mereka juga diminta menjauhkan diri dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. “Periksa kerusakan akibat getaran gempa sebelum anda kembali ke dalam (memasuki) rumah.”

Loading...
;

Lulu, warga Wamena yang dihubungi Jubi mengaku merasakan guncangan kecil akibat gempa di tempat tinggalnya. “Tadi siang ada getaran. Ketika (melihat) permukaan air bergoyang, kami baru sadar itu ialah gempa.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa