Follow our news chanel

Previous
Next

Gempa magnitudo 3,9 guncang Kabupaten Jayapura

Pusat gempa berada di kabupaten Jayapura - Jubi/Humas BMKG
Gempa magnitudo 3,9 guncang Kabupaten Jayapura 1 i Papua
Pusat gempa berada di kabupaten Jayapura – Jubi/Humas BMKG

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Maluku Papua mengatakan gempa berkekuatan dangkal mengguncang Kabupaten Jayapura pada Rabu, 18 Maret 2020, pukul 00.29.29 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan  M=3,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.47 LS dan 140.36 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km arah Barat Laut Kabupaten Jayapura, Papua pada kedalaman 8 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Demon Sili, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Lajur Anjak Pegunungan Cycloop.

Masih menurut Demon SIli, guncangan dirasakan di Sentani dan Jayapura I-II MMI. (Pada siang hari getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ungkapnya kepada Jubi, Rabu (18/3/2020) dini hari.

Dari hasil pemodelan, menurut dia, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Dampak kerusakan pun tidak terjadi di masyarakat sekitar pusat gempa maupun di wilayah sekitarnya. Sekalipun begitu, pihaknya berharap masyarakat tetap waspada.

Loading...
;

“Agar menghindar dari lereng tanah/batuan yang berpotensi longsor serta menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” ungkapnya.

Hendrikus Walilo, warga kota Sentani, Kabupaten Jayapura mengatakan tidak merasakan gempa karena tidak berjaga saat waktu gempa.

“Sudah tidur jadi tidak rasa gempa. Gempanya kecil ka apa,” ungkapnya kepada Jubi melalui pesan singkat, Rabu (18/3/2020) pagi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top