Follow our news chanel

Gempa susulan di Filipina robohkan sebuah hotel

Ilustrasi gempa – Jubi/Tempo.co
Gempa susulan di Filipina robohkan sebuah hotel 1 i Papua
Ilustrasi gempa – Jubi/Tempo.co

Gempa kemudian tercatat 6,5 magnitudo oleh Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS).

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Manila, Jubi– Gempa susulan dengan magnitudo 6,5 mengguncang Mindanao tengah di Filipina selatan, menyebabkan sebuah hotel di pulau tersebut ambruk. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan gempa tersebut awalnya berkekuatan 6,8 merupakan gempa ketiga yang melanda pulau tersebut sejak 16 Oktober.  Gempa kemudian tercatat 6,5 magnitudo oleh Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS).

“Sebuah hotel di Kota Kidapawan juga ikut roboh, namun tidak ada orang yang berada di dalamnya,” kata Wali Kota Kidapawan, Joseph Evangelista, Kamis, (31/10/2019).

Berita terkait : Gempa magnitudo 6,6 guncang Filipina Selatan

Tidak ada laporan langsung mengenai korban jiwa akibat gempa. Namun pusat gempa berada di 33 kilometer timur laut Kota Tulunan di provinsi Cotabato, di sebelah barat Kota Davao.

“Gempa sangat kuat dan berlangsung cukup lama. Masyarakat mulai panik dan berhamburan ke tempat terbuka,” kata Wakil Wali Kota Tulunan, Ann Villamor.

Loading...
;

Presiden Filipina Rodrigo Duterte, yang sedang berada di kota asalnya Kota Davao sekitar 114 kilometer dari Kota Kidapawan saat terjadi gempa selamat.

PHIVOLCSC menyebutkan gempa pada Kamis dapat dianggap sebagai gempa susulan setelah gempa bermagnitudo 6,6 mengguncang Mindanao tengah pada 29 Oktober dan menelan sedikitnya delapan korban jiwa serta melukai lebih dari 300 orang lainnya.

Tercatat daya tahan sejumlah bangunan dan rumah di Mindanao menurun akibat gempa 6,3 magnitudo pada 16 Oktober 2019. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top