Follow our news chanel

Previous
Next

Gempa Tektonik 4.4 SR guncang Manokwari Selatan

papua, manokwari, gempa
lokasi titik gempa. foto BMKG Papua

Papua No.1 News Portal

Jayapura, Jubi – Otoritas Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah V Maluku Papua mengatakan gempa bumi berkekuatan 4,4 Skala Richter mengguncang wilayah Manokwari Selatan, Papua Barat Pada Minggu, 27 September 2020 pukul 04:34:43 WIT.

Tato Agustinus S.Si, Plt kepala BMKG wilayah V Maluku Papua mengatakan berdasarkan analisis gempabumi ini berkekuatan M = 4.4 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.11 LS dan 134.23 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada 33 km Tenggara Manokwari Selatan – Papua Barat pada kedalaman 20 km.

Kata dia, berdasarkan lokasi episenter atau pusat gempa dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal. Gempa yang muncul akibat aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempabumi ini, menurut dia, dilaporkan dirasakan di daerah Kabupaten Manokwari pada wilayah Arfai dengan intensitas II MMI ( Pada siang hari Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Ketika ditanya soal dampak gempa, ia mengatakan hingga saat ini belum ada laporan. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Kata dia, hingga kini, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Sekalipun tidak ada gempa susulan, pihaknya himbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Loading...
;

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,”ungkapnya melalui releasenya resminya, Minggu (27/09/2020) pagi.

Alberth Yulagap, Warga Manokwari mengatakan gempa sempat rasa pagi hari ketika masih Di tempat tidur. Gempa tidak begitu besar, hanya rasa ada getaran, terlihat air dalam botol di atas meja kamar bergelombang.

“Saya berjaga mungkin terjadi gempa besar tapi berlalu begitu saja,”ungkapnya kepada jurnalis Jubi melalui pesan singkat, minggu (27/09/2020) pagi.

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top