HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Gempa tektonik M 4,1 guncang Nabire

BMKG – bmkg.go.id
BMKG – bmkg.go.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Otoritas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Papua mengatakan gempa tektonik berkekuatan ringan mengguncang wilayah Kabupaten Nabire dan sekitarnya pada Rabu, 12 Februari 2020, pukul 04:40:50 Waktu Indonesia Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Balai BMKG Wilayah V Papua, Petrus Demon Sili, melalui keterangan tertulisnya kepada Jubi, di Kota Jayapura, Rabu (12/2/2020).

Sili mengatakan hasil analisis menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M 4,1. Pusat  gempabumi terletak pada koordinat 3.31 LS dan 135.38 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada 14 km Barat Laut Kabupaten Nabire, pada kedalaman 34 Km.

Kata dia, dengan memperhatikan lokasi episenter atau pusat gempa dan kedalaman hiposenter, tampak gempabumi berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas Sesar Waipoga Through.

“Guncangan gempabumi ini dilaporkan masyarakat dirasakan di Nabire dengan intensitas II MMI,” ungkap Sili.

Kata dia, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Loading...
;

Masih menurut Sili, hingga pukul 07:28 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Sekalipun begitu, pihaknya mengimbau masyarakat  tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karena isu yang tidak benar bisa berdampak pada kerugian yang tidak terduga.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali kedalam rumah,” ungkapnya.

Titus Ruban, jurnalis Jubi di Nabire, yang dikonfirmasi mengatakan tidak ada kejadian atau kerusakan akibat gempa. Masyarakat, termasuk dirinya beraktivitas seperti biasa.

Ah gempa saya tidak rasa. Saya lagi mengendarai kendaraan,” ungkap. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa