Follow our news chanel

Previous
Next

Gempa tektonik magnitudo 3,6 guncang Jayapura

BMKG – bmkg.go.id
Gempa tektonik magnitudo 3,6 guncang Jayapura 1 i Papua
BMKG – bmkg.go.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Senin, 10 Februari 2020, pukul 13:03:54 WIT, wilayah Kabupaten Jayapura dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik berkekuatan ringan. Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo 3,6.

Pusat gempa, episenter gempabumi, terletak pada koordinat 2,80 LS dan 140,63 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada 27 Km tenggara Kabupaten Jayapura-Papua pada kedalaman 10 Km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kabupaten Jayapura

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kota dan Kabupaten Jayapura, III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Kepala BMKG Wilayah V Papua, Petrus Demon Sili, mengatakan tidak ada laporan kerusakan akibat gempa. Gempa ini juga tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,”ungkap kepala BMKG Wilayah V Papua kepada jurnalis Jubi di Jayapura, Senin (10/2/2020) siang.

Loading...
;

Kata dia, hingga pukul 13.25 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Walaupun begitu, dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” ungkapnya.

Welius Wantik, warga Abepura, mengatakan  Jayapura sering rasa gempa. Gempa ringan yang mengguncang Jayapura beberapa jam yang lalu tidak berpotensi merusak tetapi membuat panik banyak orang.

“Gempa biasa tapi kejadian tempat lain tentang kerusakan membuat kita waspada tadi,” melalui sambungan telepon. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top