Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Gerakan antikemerdekaan minta permudah syarat memilih

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Noumea, Jubi – Anggota Kongres dari kubu Republikan, Sonia Backes mendesak agar pemerintah Prancis mempermudah syarat memperoleh hak pilih di Kaledonia Baru dalam pemilihan lokal. Warga negara Prancis yang telah bermukim di Kaledonia Baru selama atau lebih dari lima tahun atau warga negara Prancis yang lahir di teritori Kaledonia Baru seharusnya secara otomatis memiliki hak pilih.

Dengan ketentuan sekarang, hak pilih hanya dimiliki oleh mereka yang terdaftar dalam Kesepakatan Noumea tahun 1998. Tujuan Backes mengampanyekan perluasan hak pilih ini ditengarai agar pemilih yang tidak pro terhadap kemerdekaan dapat menyuarakan haknya dalam referendum kemerdekaan tahun depan.

Gerakan antikemerdekaan minta permudah syarat memilih 1 i Papua

Seperti dikutip dari surat kabar Les Nouvelles caledoniennes, Backes telah menyerukan kepada para pemilih untuk memperjuangkan hal ini demi menggagalkan kemerdekaan Kaledonia Baru.

Menjelang referendum kemerdekaan tahun depan, gerakan antikemerdekaan kian getol mengampanyekan posisinya. Dalam sebuah jajak pendapat akhir-akhir ini, warga yang menginginkan perluasan hak pilih dalam pemilu lokal termasuk referendum, yaitu mereka dari golongan antikemerdekaan.

Selain mengampanyekan perluasan hak pilih, para politikusnya pun rajin menyerang pemerintah Emmanuel Macron yang dinilai mendukung kemerdekaan Kaledonia Baru.

Politikus antikemerdekaan, Pierre Frogier baru-baru ini mengkritik pernyataan Menteri Luar Negeri Prancis, Annick Girardin tentang sikap pemerintah Prancis terhadap referendum kemerdekaan Kaledonia Baru.

Loading...
;

Girardin pekan lalu menyatakan bahwa pemerintah Prancis akan mendukung pilihan rakyat Kaledonia Baru dalam referendum. Atas pernyataan Girardin tersebut, Pierre yang juga anggota Senat Prancis menudingnya sebagai tindakan pengecut.

Menurut Pierre, Girardin sebaiknya jangan hanya asal bicara mengikuti penasihat politiknya. Ia juga menuding pemerintahan Emmanuel Macron ingin memerdekakan Kaledonia Baru. **

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top