Follow our news chanel

GKI kini miliki Pusat Bantuan Mediasi

GKI kini miliki Pusat Bantuan Mediasi 1 i Papua
Sinode GKI Tanah Papua bersama pihak PMN dan Pengadilan Tinggi Jayapura saat memukul Tifa tanda diresmikan pusat bantuan mediasi milik GKI di Tanah Papua- Jubi/dok GKI

Jayapura, Jubi –Gereja Injili di Tanah Papua (GKI) kini sudah memiliki pusat bantuan mediasi. Baru saja diresmikan di gereja GKI Pniel Kotaraja. dihadiri Sinode GKI, pihak Pengadilan Tinggi Negeri Jayapura, Pusat Mediasi Nasional dan Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat.

Sebelumnya, pihak GKI telah melatih 30 mediator. Mereka dipersiapkan menjadi mediator di kalangan masyarakat.

“ Pusat bantuan mediasi milik GKI ini mendorong masyarakat untuk menyelesaikan masalahnya secara mediasi,” kata Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Suharno, Selasa (30/4/2019) .

Dia mengatakan masyarakat Papua yang mayoritas beragama Nasrani, maka praktis dekat dengan gereja. Pusat mediasi milik gereja diharapkan dapat membantu warga menyelesaikan persoalan secara damai.

Adapun persoalan yang biasanya dapat ditempuh lewat jalur mediasi, adalah kasus-kasus perdata.

Proses mediasi juga dikenal di lingkungan pengadilan.

“ Peran dan upaya yang dilakukan oleh GKI sangat bagus dan menjadi contoh bahwa untuk menyelesaikan masalah itu tidak harus di pengadilan, tetapi dengan cara duduk baik antara kedua belah pihak yang bertikai,” tambah A.Fahmi Shahab dari Pusat Mediasi Nasional.

Loading...
;

Dia mengatakan, 30 orang yang telah dilatih menjadi mediator, mengantongi sertifikat nasional. Mereka wajib mengikuti pelatihan selama 48 jam. Sertifikat itu berlaku selama dua tahun dan bisa diperbarui kembali.

Dia mengklaim, secara nasional penyelesaian kasus melalui jalur mediasi telah mencapai 90 persen. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top