Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Goliat Tabuni minta pembakaran gereja di Tembagapura diusut tim independen

papua
Foto ilustrasi. - pixabay.com
Goliat Tabuni minta pembakaran gereja di Tembagapura diusut tim independen 1 i Papua
Foto ilustrasi. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB menantang Pemerintah RI untuk memberikan akses kepada tim investigasi independen untuk mengusut siapa pelaku pembakaran gereja di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Hal itu disampaikan  Panglima Tertinggi TPNPB, Jenderal Goliat Tabuni melalui siaran pers yang diterima Jubi pada Rabu (18/3/2020).

Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Jemaat Sinai di Kampung Opitawak, Distrik Tembagapura, dibakar pada Kamis (12/3/2020). Aparat keamanan menuding gereja itu dibakar kelompok bersenjata. Melalui siaran persnya, Goliat Tabuni membantah tudingan bahwa TPNPB membakar gereja itu.

Goliat Tabuni minta pembakaran gereja di Tembagapura diusut tim independen 2 i Papua

Dalam siaran persnya, Tabuni menyatakan pihaknya mencurigai dan meyakini pembakaran gereja itu permainan aparat keamanan untuk memojokkan citra TPNPB. Ia menyatakan sejak lama aparat keamanan berupaya memojokkan citra TPNPB. “Hal ini bukan baru, tetapi [sudah terjadi] dari tahun 1960 sampai kini. Militer dan polisi Indonesia melakukannya,”ungkap Tabuni dalam siaran persnya.

Tabuni menyatakan pihaknya tidak kaget dengan berbagai pemberitaan yang menyudutkan TPNPB sebagai pelaku pembakaran gereja itu. Tabuni juga menantang agar Pemerintah RI memberi akses kepada tim investigasi independen untuk mengusut siapa pembakar gereja itu.

Juru bicara TPNPB, Sebby Sambom membenarkan siaran pers yang mengatasnamakan Goliat Tabuni itu. Sambom menyatakan tim investigasi independen yang diinginkan TPNPB adalah tim investigasi gabungan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa (HAM PBB) dan Komisi Nasional (Komnas) HAM Perwakilan Papua.

“Kalau mau tentukan pelaku pembakaran gereja, Indonesia harus izinkan tim independence yang masuk investigasi. [Tim independen itu adalah] Dewan HAM [PBB] bersama Komnas HAM Papua,”ungkap Sebby Sambom kepada jurnalis Jubi, Rabu (18/3/2020).

Loading...
;

Sambom menyatakan Pemerintah RI harus mampu membuktikan tuduhan itu melalui proses hukum yang adil dan tidak memihak, dan tidak asal menuding TPNPB. “TNI/Polri jangan asal menuduh, Media-media Indonesia jangan publikasi berita sepihak yang tidak seimbang,” ujar Sambom.

Kantor Berita Antara melansir Kepala Kepolisian Sektor Tembagapura Ajun Komisaris Hermanto yang menyatakan Gereja GKII Jemaat Sinai di Kampung Opitawak dilakukan kelompok bersenjata pimpinan Lekagak Telenggen dan Joni Botak pada 12 Maret 2020.  “Gereja tersebut sebelumnya ramai dikunjungi oleh masyarakat Kampung Opitawak untuk melakukan berbagai kegiatan ibadah. Akan tetapi, beberapa pekan belakangan kelompok bersenjata menebar teror di wilayah tersebut, masyarakat akhirnya harus mengalah,” kata Hermanto kepada Kantor Berita Antara.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top