Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gorontalo Utara dilanda longsor dan jalan ambles

Ilustrasi, jalan longsor di Kampung Nifasi, Distrik Makimi, Nabire – dok Markus Rumawi.

“Tanah longsor dan jalan ambles disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi melanda wilayah tersebut,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Gorontalo, Jubi – Bencana longsor dan jalan ambles melanda lintas Sulawesi di wilayah barat, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Aparat kepolsian mengerahkan personel di wilayah Kecamatan Anggrek, untuk melakukan penanganan sementara di lokasi longsor dan jalan ambles, tepatnya di ruas jalan Desa Sogu dan Desa Tolitehuyu, Kecamatan Monano.

“Tanah longsor dan jalan ambles disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi melanda wilayah tersebut,” kata Kepala Kepolisian Sektor Anggrek, Ipda Jaka Wiharja, Rabu, (26/2/2020).

Baca juga : Jalan longsor ancam keselamatan penggendara  

BPBD Manggarai Barat catat puluhan warga mengungsi karena longsor

Daerah ini masih rawan longsor dan banjir bandang

Loading...
;

Menurut Jaka, hujan lebat dan intentistas lama membuat struktur tanah mudah ambles. Kondisi itu ditambah kondisi jalan memang berpotensi ambles akibat bangunan aspal telah mengalami kerusakan.

Personel Polsek dan masyarakat dikerahkan untuk melakukan penanganan sementara, mereka berupaya membersihkan material longsoran, serta memasang balok-balok kayu untuk membantu kendaraan roda empat yang akan melintas.

“Perlu penanganan secepatnya, mengingat material longsoran harus dibersihkan menggunakan alat berat,” kata Jaka menjelaskan.

Saat ini koordinasi telah dilakukan dengan pemerintah desa di dua desa tersebut, agar melaporkan kondisi bencana alam itu ke instansi teknis terkait untuk penanganan yang cepat dan tepat, mengingat longsor dan jalan ambles berpotensi memutus akses transportasi di lintas Sulawesi bagian barat itu.

“Kkhusus jalan ambles dan tanah longsor di Desa Tolitehuyu, hingga kini belum ada penanganan, mengingat pembersihannya harus menggunakan alat berat,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top