HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

GPM siap dukung RSUD dan tim Satgas penanganan Covid-19 di Pegubin

Foto ilustrasi. - pixabay.com
GPM siap dukung RSUD dan tim Satgas penanganan Covid-19 di Pegubin 1 i Papua
Corona Virus – Covid-19 – Jubi/Ist


Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gerakan Penyelamatan Masyarakat Nusantara (GPM) Pegunungan Bintang mendesak pemerintah segera menghentikan penerbangan pesawat penumpang dari Jayapura ke wilayah Pegubin dan segera memperketat sejumlah akses jalan darat dan sungai di wilayah kabupaten Pegubin guna mencegah penyebaran Covid -19 di wilayah itu.

Hal ini dikatakan Koordinator Gerakan Penyelamatan Masyarakat Nusantara (GPM) Kabupaten Pegubin, Ringgo Singpanki, kepada wartawan, Selasa (24/3/2020) dalam rilis yang diterima Jubi.

GPM siap dukung RSUD dan tim Satgas penanganan Covid-19 di Pegubin 2 i Papua

Menurutnya, semua pihak mengapresiasi sejumlah upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Pegubin yakni mulai dari, pembentukan tim Satgas pencegahan dan  penanganan  Covid-19 di wilayah itu serta juga sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah.

“Ada beberapa hal yang perlu dan sesegera mungkin dilakukan dalam rangka mendukung tim penanganan Covid-19 yang dibentuk Pemda itu, salah satunya adalah, terkait dengan arus datang penumpang dari Jayapura, Boven Digoel ke arah Oksibil secara khusus dan Pegubin secara umum,” katanya.

Bukan itu saja, gerakan yang dibentuk ini juga membantu tim dan tenaga kesehatan di wilayah tersebut untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait virus mematikan ini.

Selain itu, ia juga menilai tim satgas Pemda yang telah dibentuk ini seolah –olah pincang dalam mengantisipasi penyebaran Corona di Pegubin ini.

Loading...
;

Ia beranggapan seperti ini, karena sejak tim dibentuk yang bergerak hanya RSUD Oksibil sedangkan yang lainnya belum jelas dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Gerakan yang dibentuk pihaknya itu berada di bawah naungan tim Satgas Pemda yang telah terbentuk, akan tetapi gerakan ini juga terbentuk dengan kepedulian, maka kami akan menjalankan apapun yang kami ingin lakukan dengan satu tujuan yaitu mencegah masuknya virus Corona di wilayah Pegubin,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oksibil Yeni Fele, menambahkan Pemda masih melakukan berbagai upaya pencegahan salah satu di antaranya tenaga perawat RSUD Oksibil yang terus memantau dan mengidentifikasi arus datang penumpang dari dan ke bandara Oksibil.

“Mereka yang datang langsung dilakukan pemeriksaan dengan alat seadanya saja yakni melakukan penyemprotan disinfektan terhadap para penumpang yang datang dan dapat meminta keterangan dari setiap pengunjung yang datang ke Oksibil,” katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa langkah yang akan kami lakukan selain mengidentifikasi para penumpang, pihaknya juga melakukan pengawas terhadap penumpang yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) yakni melakukan komunikasi menggunakan telepon  atau handphone untuk memastikan kondisi kesehatan dirinya selama masa isolasi yakni 14 hari. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.