Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Gubernur akan bertemu presiden untuk evaluasi persiapan PON Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat diwawancarai wartawan - Jubi/Alexander Loen
Gubernur akan bertemu presiden untuk evaluasi persiapan PON Papua 1 i Papua
Gubernur Papua, Lukas Enembe saat diwawancarai wartawan – Jubi/Alexander Loen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe akan bertemu Presiden Jokowi dalam waktu dekat guna membicarakan pelaksanaan PON di Papua.

Kepada pers di Jayapura, Jumat (16/8/2019), Gubernur mengaku akan meminta petunjuk Presiden terkait pelaksanaan PON yang direncanakan akan digelar pada Oktober 2020 mendatang.

“Kami beberapa waktu lalu bertemu Erik Tohir (Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018). Erik mengatakan setidaknya peralatan untuk menggelar pertandingan dalam PON itu dipesan satu tahun sebelumnya. Sementara pelaksanaan PON Papua hampir setahun lagi,” kata Gubernur Enembe.

Gubernur Enembe menambahkan rencana menggunakan peralatan bekas Asian Games Jakarta – Palembang tidak bisa terlaksana karena peralatan tersebut sudah tidak ada. Peralatan-peralatan tersebut sudah diserangkan kepada pengurus cabang olahraga.

Pertemuan dengan presiden nanti, menurut Gubernur Enembe adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan sampai berapa persen.

“Rencananya tanggal 19 agustus kita mau ketemu presiden untuk bicarakan ini. Karena ini agenda nasional  bukan agenda daerah Inpres PON saja, sekarang baru masuk di ibu Puan Maharani (Menko PMK),” jelas Gubernur.

Loading...
;

Menurut Gubernur Enembe, rencana pertemuan dengan presiden ini bukannya tanpa alasan mengingat pembangunan infrastruktur PON saja semuanya harus dibangun dari nol. Belum lagi untuk persiapan alat alat pertandingan yang seharusnya dipersiapkan satu tahun sebelum hari pelaksanaan. Lalu kesiapan atlet.

“Untuk PON saja kita masih butuh anggaran Rp4 triliun,” jelasnya.

Selain perhelatan PON, Provinsi Papua juga akan menjadi tuan rumah beberapa agenda nasional seperti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Oktober 2019 dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020 mendatang.

“Anggaran Popnas dan Porwanas, ini dapat uang dari mana? Tapi pastinya kita akan bicarakan lagi terkait ini dengan pusat,” kata gubernur

Mengenai adanya wacana penundaan pelaksanaan PON Papua, Gubernur Papua mengatakan semuanya bergantung pada hasil pertemuan dengan presiden nanti.

“Ditunda atau tidak, itu tergantung instruksi presiden nanti,” kata Gubernur Enembe. (*)

Editor : Victor Mambor

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top