Gubernur Bali: Prosesi Agama Hindu Tidak Boleh Dijual

Denpasar, Jubi/Antara – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mengingatkan prosesi Agama Hindu tidak boleh ‘dijual’ untuk siapa saja oleh kalangan penyelenggara kegiatan karena merupakan salah satu bentuk penyimpangan.

“Tidak semua prosesi Agama Hindu itu untuk siapa saja, apalagi dijual, itu tidak bisa,” kata Pastika, di Denpasar, Minggu (20/9/2015), menanggapi maraknya peredaran foto dua orang laki-laki di media sosial yang sebelumnya diduga melakukan pernikahan sejenis di salah satu hotel di kawasan Ubud, Gianyar, Bali.

Meskipun setelah diselidiki polisi, ternyata ritual pasangan sejenis itu bukan prosesi perkawinan, tetapi penglukatan (penyucian) yang difasilitasi pihak hotel dan event organizer, menurut Pastika, tetap saja hal tersebut sebagai bentuk penyimpangan.

“Meskipun ‘penglukatan’ tidak bisa begitu saja. Menurut saya ini suatu penyimpangan, tidak boleh dilakukan,” katanya, usai berorasi di acara Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS).

Pastika mengatakan seharusnya para tokoh masyarakat memberi pencerahan kepada para pemangku (pemuka agama) dan tokoh masyarakat di desa-desa.

“Saya berharap tidak boleh terjadi lagi,” ucapnya.

Menurut Pastika, jika menggunakan nuansa Bali untuk tujuan komersial, pihaknya tidak melarang. Nuansa Bali yang dimaksud itu dicontohkan seperti berpakaian adat atau tarian Bali.

Loading...
;

Sebelumnya, menurut Kepala Hubungan Masyarakat Polda Bali, Kompol Hery Wiyanto, pasangan di foto tersebut, Joe Tully dan Tiko Mulya, sulit dimintai keterangan karena sudah tidak berada di Bali.

“Mereka booking hotel pada Desember 2014. Pihak hotel mencari tahu, ternyata mereka akan melangsungkan pernikahan sejenis. Pihak hotel juga tidak menerima. Yang kemarin itu hanya pembersihan diri saja,” kata Hery. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top