Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Gubernur bantah masih ada aktivitas tambang ilegal Korowai

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo memastikan jika tambang ilegal di Korowai sudah tidak beraktivitas lagi. Dia mengklaim, semua penambang atau perusahaan yang melakukan penambangan telah meninggalkan lokasi.

“Semua sudah pada kembali, 80 persen yang ada di hutan ini sudah kembali, artinya sudah meninggalkan tempat,” kata Soedarmo kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (29/8/2018).

Gubernur bantah masih ada aktivitas tambang ilegal Korowai 1 i Papua

Ia tekankan, aktivitas penambangan liar di Korowai tidak mungkin beroperasi lagi, pasalnya Helikopter yang selama ini mensuplai logistik ke Korowai sudah tidak beroperasi.

"Jadi sudah dipastikan, dorongan logistik ke lokasi penambangan tidak bisa lagi,” ujarnya.

Soal pengawasan, ujar ia, sudah menempatkan orang kepercayaan yang selalu melaporkan jika ada aktivitas penambangan.

“Ada kan koordinator di sana yang selalu berkomunikasi dengan saya, melaporkan semua aktivitas, termasuk yang ada di Yahukimo, nah dia selalu koordinasi dengan saya," katanya.

Loading...
;

Untuk itu, Soedarmo sudah memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua agar melakukan koordinasi dengan dua perusahaan yang masih melakukan penerbangan ke Korowai.

“Hari ini saya minta kepala Dinas PUPR Papua untuk koordinasi dengan dua perusahaan tersebut untuk berhenti melakukan penerbangan ke Korowai. Selain itu, saya juga sudah meminta aparat kepolisian melakukan polisline di sekitar areal tambang liar tersebut," ujarnya.

Timeus Aruman, Ketua Ikatan Suku Una, Kopkaka, Aruntap, Mamkot, dan Momuna (IS-UKAMM) mengatakan, penambangan ilegal di Korowai masih terus berlanjut.

Padahal beberapa waktu lalu Penjabat Gubernur, DPRP, Kapolda, telah menutup aktivitas ilegal yang dilakukan perusahaan di wilayah itu.

"Perusahaan tersebut disokong (back up) oleh pemerintah dan beberapa oknum anggota legislatif serta beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Yahukimo," kata Aruman. (*)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top