Gubernur didesak tepati janji penuhi akses pendidikan masyarakat Korowai

Ilustrasi Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, saat bersalaman dengan para pelajar di SMPN 1 Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (7/10/2019). -Jubi/Islami
Gubernur didesak tepati janji penuhi akses pendidikan masyarakat Korowai 1 i Papua
Ilustrasi Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, saat bersalaman dengan para pelajar di SMPN 1 Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (7/10/2019). -Jubi/Islami.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Komunitas Peduli Daerah Terpencil (Kopkedat) Yan Akobiarek mendesak Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe menepati janjinya soal pemenuhan sarana prasarana pendidikan di Korowai.

Menurutnya, selama ini sarana pendidikan di Korowai kerap tak mendapat perhatian.

“Terkait Pendidikan di pedalaman Korowai masih sangat memprihatinkan. Saat ini banyak anak-anak usia produktif belum menikmati sarana yang layak. Padahal mereka anak-anak Korowai punya cita-cita yang sama seperti orang Papua lainnya,” katanya kepada, Jubi, Rabu, (27/5/2020).

Akobiarek mengatakan, selama mengajar di Korowai para siswa berharap bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan setara dengan daerah lain.

“Sejak Rabu 25 Oktober 2017 Gubernur Papua Lukas Enembe sudah mengunjugi salah satu wilayah di Korowai tepatnya di Danowage.┬á Beliau Sempat beri tanggapan bahwa pendidikan dan kesehatan harus diutamakan. Tapi sampai hari ini belum ada hasil yang sigfnifikan,” katanya.

Akobiarek mengatakan, banyak sekolah di Korowai yang juga kekurangan tenaga pengajar.

Loading...
;

“Sekarang sekolah darurat di Brukmakot Korowai ini sudah tidak layak lagi dan sudah rusak. Kami harapkan semoga Pemerintah Papua bisa melihat masalah yang terjadi di sini,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Gerakan Papua Mengajar-GPM Agustinus Kadepa, mengatakan pendidikan menjadi penting agar angka buta huruf di Papua terus berkurang. Ia menilai harus dibangun banyak sekolah formal dan non formal.

“Saya yakin dengan demikian Pemerintah bisa menggenjot angka buta huruf di Tanah Papua,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top