HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Gubernur minta buah di Papua Barat bebas bahan pengawet

Buah Durian, salah satu komoditas buah unggulan di Manokwari. Tim JKPD Papua Barat, diharapkan mampu mencegah praktek pemasakan buah dengan karbit. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).
Gubernur minta buah di Papua Barat bebas bahan pengawet 1 i Papua
Buah Durian, salah satu komoditas buah unggulan di Manokwari. Tim JKPD Papua Barat, diharapkan mampu mencegah praktek pemasakan buah dengan karbit. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi– Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meminta Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD)  Papua Barat memperketat pengawasan pada buah-buahan yang dipasarkan di Papua Barat.

Dikatakan Gubernur, Tim JKPD bertugas memastikan pada seluruh komoditas yang beredar tak mengandung bahan berbahaya jika di konsumsi masyarakat. Hal ini dikatakan Gubernur Dominggus Mandacan saat melantik tim JKPD Papua Barat.

Gubernur minta buah di Papua Barat bebas bahan pengawet 2 i Papua

“Tim ini selain awasi keamanan pangan, juga harus mampu cegah buah karbitan di Manokwari seperti Durian maupun Pisang,” ujar Mandacan saat melantik tim JKPD di salah satu hotel di Manokwari, Senin (27/5/2019).

Mandacan mengaku banyak menerima informasi tentang maraknya peredaran buah hasil karbit di Manokwari. Aktivitas ilegal ini dilakukan oleh pedagang ‘nakal’ yang hanya mengejar keuntungan.

Gubernur berarap tim JKPD yang melibatkan berbagai instansi di Papua Barat, segera melakukan langkah-langkah kongkrit untuk atasi peredaran buah hasil karbitan di Manokwari.

Karbit atau Kalsium karbida adalah senyawa kimia CaC2, yng digunakan untuk mematangkan buah secara kimiawi. Dengan karbit, Karbohidrat dalam daging buah akan berubah menjadi glukosa. Proses tersebut menghasilkan gas etilen. Gas ini merambat dari molekul satu ke molekul lain membuat sekitarnya jadi matang namun juga membuat proses pembusukan lebih cepat.

Loading...
;

“Selama ini pola pengawasan pangan di Papua Barat hanya dilakukan beberapa lembaga pengawas berbeda. Sehingga perlu diintegrasikan dengan melibatkan bernagai instansi dalal tim JKPD,” ujarnya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top