HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Gubernur NTT temui ras Melanesia di Papua

Gubernur NTT temui ras Melanesia di Papua 1 i Papua
Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B. Laiskodat (kemeja biru) didampingi Sekda Papua Hery Dosinaen disambut tarian Hedung – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B. Laiskodat melakukan pertemuan dengan masyarakat ras Melanesia yang selama ini berdomisili di Papua, sekaligus menghadiri undangan ibadah dan doa syukur memasuki 2020 Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Provinsi Papua, yang digelar di GOR Waringin Kota Jayapura, Sabtu (1/2/2020).

Viktor Laiskodat yang tiba di Jayapura, Jumat (31/1/2020) dengan menggunakan jet pribadinya lebih dulu menghadiri undangan makan malam di kediamanan Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen yang merupakan salah satu putra Adonara.

Gubernur NTT temui ras Melanesia di Papua 2 i Papua

Dari pantauan di lapangan, Viktor Laiskodat bersama rombongan disambut tarian perang masyarakat Adonara, Flores Timur, dan NTT yang biasa disebut tari Hedung, yang dibawakan para penari pria dengan menggunakan pakaian serta senjata perang.

Dalam pertunjukan tari tersebut, mereka menari dengan gerakan-gerakan yang menggambarkan jiwa kepahlawanan masyarakat Adonara di medan perang. Tari Hedung ini merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu penting, acara adat dan festival budaya.

“Kedatangan Gubernur NTT ke Papua adalah untuk mempererat tali persaudaraan ras Melanesia, dan semua itu dimulai dari tanah Papua,” kata Hery Dosinaen.

“Saya percaya lewat satu keturunan ras Melanesia mampu membangkitkan perekonomian Melanesia,” sambungnya.

Loading...
;

Agripa Wally, Sekretaris Umum IKF Provinsi Papua mengatakan ribuan masyarakat Flores, Sumba, Timor, Alor, Lembata dan Adonara (Flobamora) di Provinsi Papua, khususnya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi akan sangat antusias menerima kedatangan Gubernur NTT serta rombongan.

“Sejumlah tarian daerah pun telah disiapkan masing-masing tungku atau kabupaten untuk menyambut dan mengisi acara bertajuk Doa Syukur Flobamora,” kata Agripa.

Ia menambahkan, kedatangan Gubernur Viktor juga merupakan kunjungan penuh persaudaraan sebagai sesama masyarakat Melanesia.

“Gubernur Viktor, juga direncanakan akan bertemu Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura guna membahas rute kapal Pelni langsung dari pelabuhan Kupang ke Jayapura maupun sebaliknya,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa