Follow our news chanel

Gubernur Papua ajak masyarakat tingkatkan konsumsi pangan lokal

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengajak masyarakat di wilayahnya untuk meningkatkan kebiasaan mengkonsumsi pangan lokal, baik sagu, keladi, buah merah dan lain sebagainya.
 
"Pangan lokal harus menjadi konsumsi utama masyarakat Papua, baik itu institusi negara maupun lainnya," kata Enembe kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (16/10/2018). 
 
Ia tekankan, budaya konsumsi pangan lokal sudah harus diterapkan mulai saat ini, seperti dilakukan institusi Kodam yang setiap dua minggu sekali mengkonsumsi papeda.
 
"Memang selama ini pangan lokal sudah dikonsumsi oleh masyarakat dan institusi pemerintah, namun ke depan harus terus ditingkatkan," ujarnya.
 
Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluh Provinsi Papua, Roberth Eddy Purwoko mengatakan pihaknya akan lebih meningkatkan program pengembangan pangan lokal mulai dari skala rumah seperti pemanfaatan pekarangan, dengan tujuan bisa menyediakan pangan secara baik dan berkelanjutan.
 
"Dengan tersedianya pangan lokal tentu akan mengurangi ketergantungan terhadap kebutuhan pangan dari luar," kata Eddy.
 
Menyinggung soal ketersedian pangan di Papua, ia jelaskan, ketersedian pangan Papua masih bergantung dari luar Papua seperti beras dan bahan pokok lain yang di datangkan dari Pulau Jawa dan daerah lainnya.
 
"Untuk itu kami dari dinas akan menyediakan pangan secara lokal seperti beras lokal, umbi-umbian dan sagu yang telah diolah sehingga ketergantungan perlahan kami kurangi dan bisa memenuhi kebutuhan pangan sendiri," ucapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top