Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Gubernur Papua Barat: Hentikan penggunaan spesimen burung Cenderawasih sebagai hiasan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi – Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, minta penggunaan spesimen burung Cenderawasih sebagai hiasan mahkota harus dihentikan karena akan membuka ruang bagi masyarakat atau pihak-pihak lain untuk terus melakukan perburuan terhadap burung Cenderawasih yang saat ini dalam status terancam punah. 

"Penggunaan spesimen burung Cenderawasih sebagai mahkota dalam acara penyambutan tamu atau apapun bentuk kegiatannya, harus segera dihentikan. Karena kalau tidak demikian, maka usaha perburuan burung Cenderawasih akan terus dilakukan sehingga makin lama akan punah dari habitatnya," ujar Mandacan, kepada Jubi di Manokwari belum lama ini.

Gubernur Papua Barat: Hentikan penggunaan spesimen burung Cenderawasih sebagai hiasan 1 i Papua

Undang-undang sudah jelas mengatur tentang perlindungan satwa, salah satunya adalah burung Cenderawasih, burung endemik di tanah Papua.

“Burung Cenderawasih yang juga disebut sebagai burung emas ini jangan sampai punah dan di kemudian hari hanya tinggal cerita,” katanya.

Mandacan juga mengakui dalam kunjungan kerjanya ke daerah-daerah di wilayah Papua Barat, jika disambut dengan mahkota spesimen burung Cenderawasih, dia jusru menolak untuk tidak kenakan. 

Mandacan menyatakan apa yang dilakukan ini sekaligus sebagai imbauan kepada seluruh masyarakat di Papua Barat ketika mendengar atau membaca informasi ini, agar turut serta menjaga dan melindungi burung Cenderawasih. 

Loading...
;

"Mulai hari ini dan seterusnya jangan lagi ada masyarakat yang berburu burung Cenderawasih untuk  dijual dalam bentuk spesimen atau untuk disangkarkan. Presiden sekalipun, kita tidak kasih Cenderawasih, kecuali Cenderawasih ukiran atau imitasi," tegas Mandacan.

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, saat dikonfirmasi mengatakan dalam waktu dekat Pemkab Manokwari segera merancang peraturan daerah (raperda) untuk perlindungan burung Cenderawasih. 

Raperda tersebut, kata Demas Mandacan, sebagai landasan hukum untuk mengatasi perburuan, perdagangan, dan penggunaan spesimen burung Cenderawasih dalam berbagai kegiatan. Diharapkan Manokwari jadi model untuk kabupaten/kota lain di Papua Barat. 

Demas Mandacan mengatakan belum lama ini pihaknya sempat memberikan imbauan langsung kepada warga di beberapa kampung yang bersentuhan langsung dengan habitat Cenderawasih agar tidak  melakukan perburuan terhadap burung endemik di tanah Papua ini.

"Saya sudah imbau kepada warga di salah satu kampung yang dilaporkan sering berburu Cenderawasih. Upaya ini akan lebih kami ketatkan dengan adanya perda yang akan disusun dalam waktu dekat ini," ujar Demas Mandacan. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top