Gubernur Papua Barat letakkan batu pertama pembangunan GSG Sinode GKI

Gubernur Papua Barat, Domingggus Mandacan, saat meletakkan batu pertama pembangunan GSG di Kantor Sinode GKI di Jayapura, Jumat (5/4/2019) - Jubi/dam
Gubernur Papua Barat letakkan batu pertama pembangunan GSG Sinode GKI 1 i Papua
Gubernur Papua Barat, Domingggus Mandacan, saat meletakkan batu pertama pembangunan GSG di Kantor Sinode GKI di Jayapura, Jumat (5/4/2019) – Jubi/dam

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Usai memberikan bantuan kemanusiaan dari masyarakat dan pemerintah di Provinsi Papua Barat kepada korban banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, langsung menuju kantor Sinode Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua, Jumat (5/4/2019) siang, untuk peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Serba Guna(GSG) Sinode GKI di Tanah Papua.

“Setelah tiba di Sentani kami langsung ke Kantor Bupati Kabupaten Jayapura dan pak bupati akan memberikan bantuan langsung ke para korban dan akan digunakan sebaik mungkin,” katanya, mengawali sambutan peletakkan batu pertama di Kantor Sinode GKI di tanah Papua, Jumat (5/4/2019).

Dia mengingatkan ketika Gubernur Papua, Barnabas Suebu, dan Gubernur Papua Barat di Pulau Mansinam telah berkomitmen bahwa satu untuk dua, artinya satu untuk Tanah Papua, Pemerintahan Provinsi Papua dan Papua Barat.

”Tetapi kita adalah satu Tanah Papua jadi provinsi silakan dimekarkan kita tetap satu Tanah Papua,” katanya, seraya menambahkan Sinode GKI di Tanah Papua kedudukannya di Kota Jayapura dan ini menjadi tanggung jawab dua pemerintahan, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Dia menambahkan di Papua Barat, pihaknya juga memiliki program pembangunan untuk mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan.

”Baik itu secara fisik maupun nonfisik bagi semua agama termasuk dari denominasi gereja yang ada di Provinsi Papua Barat,” kata mantan Bupati Kabupaten Manokwari dua periode ini.

Loading...
;

Ditambahkan pihaknya tinggal melanjutkan apa yang telah dilakukan gubernur terdahulu di Provinsi Papua Barat. Dengan demikian tahun ini juga diprogramkan pembangunan GSG di kantor Sinode GKI di tanah Papua.

“Pak Ketua Sinode GKI di Tanah Papua sudah datang dan bertemu serta mempresentasikan pembangunan GSG kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat,” kata Mandacan, seraya menambahkan Provinsi Papua Barat akan bertanggung jawab terhadap pembangunan GSG sedangkan Provinsi Papua juga ada bagiannya untuk membangun Sinode GKI di Tanah Papua.

Dia menambahkan pembangunan GSG dan Guest House merupakan tanggung jawab pemerintah Provinsi Papua Barat dan juga umat GKI di tanah Papua.

“Hari ini kami meletakan batu pertama pembangunan GSG dan diharapkan bisa selesai selama dua tahun 2021 mendatang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Provinsi Papua,  Naftali Yogi, yang mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang menyampaikan pesan kepada Ketua Sinode GKI di Tanah Papua bahwa Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat bersama-sama keroyok membangun GKI di Tanah Papua sebagai gereja pertama yang melakukan perubahan peradaban di Tanah Papua.

“Beberapa waktu lalu Ketua Sinode GKI di tanah Papua telah mempresentasikan pembangunan Kantor Sinode GKI di Tanah Papua dan Provinsi Papua akan membangun Kantor Sinode GKI di Tanah Papua,” katanya.

Selain itu, Kepala Biro Kesra Papua juga menyerahkan bantuan berupa dana dari Wagub Klemen Tinal secara pribadi dari keluarga Klemen Tinal tanpa menyebutkan nominal jumlahnya.

Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt A Mofu, mengatakan gereja tidak boleh tinggal diam dan harus menata diri untuk menghadapi perubahan zaman.

“Gereja tidak boleh ketinggalan zaman dan harus lebih cepat menata diri dan kalau gereja terlambat dalam perubahan. Saya pastikan gereja akan kehilangan jati diri,” katanya, seraya menambahkan membangun ini untuk apa dan memang penting untuk membangun ini.

Dia menambahkan GKI sudah 60 tahun tetapi belum mempunyai tempat rapat dan seminar sehingga bisa menata rapat-rapat klasis maupun sinode di GSG dengan kapasitas sebanyak 1.000 orang dan juga Guest House untuk 200 tamu di atas lahan sekitar satu hektar lebih.

“Terima kasih kepada Gubernur Papua Barat yang bersedia membangun penuh GSG dan Guest House,” katanya seraya menambahkan terima kasih kepada Gubernur Papua yang telah bersedia membangun Kantor Sinode GKI di Tanah Papua. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top