Gubernur Papua canangkan pembangunan 5 gedung perkantoran

Gubernur Papua
Gubernur Papua, Lukas Enembe. - Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe mencanangkan pembangunan lima gedung perkantoran baru di Dok II, Kota Jayapura, Senin (19/7/2021). Sejumlah lima gedung perkantoran baru yang akan dibangun itu adalah Kantor Gubernur, Majelis Rakyat Papua, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Komisi Pemilihan Umum Papua, dan Komite Nasional Pemuda Indonesia.

Dalam arahannya, Enembe menegaskan perubahan di Papua terus terjadi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur harus terus dilakukan. “Sekarang kita ada di abad modern. Intinya, Kota Jayapura harus berubah ke arah itu,” kata Enembe, Senin.

Enembe menyatakan gedung Kantor Gubernur baru akan dibangun 10 lantai, dan akan menjadi simbol kebangkitan kemandirian orang Papua. “Saya harap Dinas PUPR dan pihak ketiga yang akan mengerjakan pembangunan bisa sesuaikan jadwal, sehingga bisa selesai tepat waktu,” ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah pusat sudah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk mengelola banyak anggaran. Oleh karena itu, anggaran yang besar itu harus dimanfaatkan membangun infrastruktur.

Baca juga: Pemprov Papua didesak pastikan lokasi kantor permanen Damri

“Jangan pakai anggaran untuk foya-foya. Kita harus bisa membangun sesuatu yang menyimbolkan kebanggaan orang Papua. Kalau mau bangun kantor, bikin. Apa lapor ke pusat? Tidak perlu, uang ada di sini. Saya minta maaf kalau rencana ini sempat tertunda,” tutupnya.

Kepala Dinas PUPR Papua, Girius One Yoman mengatakan, pembangunan lima gedung perkantoran merupakan proyek tahun jamak, dan anggarannya sudah tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua tahun 2020-2021. “Khusus untuk Kantor Gubernur, ditargetkan kurang lebih 15 bulan sudah rampung. Sedangkan gedung lainnya sudah ada perencanaan. Artinya akan selesai sesuai kontrak,” kata Yoman.

Loading...
;

Ia menambahkan semua dokumen administrasi sudah siap dan sedang dalam proses tender. “Anggaran untuk Kantor Gubernur sekitat Rp400 miliar,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top