Follow our news chanel

Gubernur Papua ke Jakarta untuk periksa kondisi kesehatan

Gubernur Papua, Lukas Enembe (kiri) dan Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda (kanan) - Jubi. Dok
Gubernur Papua ke Jakarta untuk periksa kondisi kesehatan 1 i Papua
Gubernur Papua, Lukas Enembe (kiri) dan Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda (kanan) – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menyatakan keberangkatan Gubernur Papua, Lukas Enembe ke Jakarta untuk pemeriksaan kesehatan rutin atau cek up.

Pernyataan tersebut dikatakan penasihat DPD Partai Demokrat Papua itu, menanggapi pemberitaan yang menyebut Ketua DPD Partai Demokrat Papua, yang juga gubernur Papua, Lukas Enembe dievakuasi ke Jakarta menggunakan pesawat carteran, Selasa dini hari (14/4/2020).

“Saya mau sampaikan dengan tegas kepada semua publik, bapak gubernur berangkat tadi jam 01.00 WP (Waktu Papua), bukan karena mengalami masalah kesehatan serius atau terkena Covid-19. Tapi karena beliau sudah waktunya untuk melakukan cek up kondisi kesehatan,” kata Yunus Wonda melalui penggilan telepon, Selasa (14/4/2020).

Wonda juga menyatakan tidak sepakat dengan kata “evakuasi” dalam pemberitaan terkait keberangkatan Gubernur Papua ke Jakarta.

Menurutnya,  kata “evakuasi” seakan menggambarkan jika Gubernur Papua mengalami masalah kesehatan yang serius.

“Mestinya [dalam pemberitaan] membuat (menggunakan) kalimat yang jangan sampai [menimbulkan salah tafsir] membuat masyarakat panik. Jadi tidak boleh ada kalimat [kata “evakuasi] seperti itu [dalam pemberitaan],” ujarnya.

Loading...
;

Dikutip dari Antara, Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Harold Pical mengakui Gubernur Papua, Lukas Enembe di bawa ke Jakarta pada Selasa (14/4/2020) sekira jam 01.20 WIT.

Menurutnya, Gubernur Papua ke Jakarta menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan PK-LWB.

“Memang benar ada laporan tentang evakuasi Gubernur Enembe yang didampingi keluarga dan dokter pribadi dengan menggunakan pesawat Batik Air. Jumlah penumpang seluruhnya 10 orang ditambah kru,” kata Pical.

Ia menjelaskan kondisi Enembe dilaporkan stabil, namun akan langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto begitu tiba di Jakarta.

Menurut Pical, sebelum pesawat tersebut berangkat baik penumpang maupun awak pesawat sudah diperiksa petugas KKP. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top