Gubernur Papua: Pilkada Boven Digoel akan berlangsung 21 Desember 2020

Gubernur Papua
Gubernur Papua, Lukas Enembe. - Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe menyatakan pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Boven Digoel akan berlangsung pada 21 Desember 2020. Hal itu dinyatakan Enembe di Kota Jayapura, Kamis (17/12/2020).

Enembe menyampaikan hal itu untuk menanggapi pernyataan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman yang mengatakan kelanjutan proses Pilkada Kabupaten Boven Digoel menunggu keputusan Gubernur Papua. “Pilkada Boven Digoel akan lanjut tanggal 21 Desember,” kata Enembe.

Sebelumnya, KPU RI memutuskan untuk menunda pemungutan suara dalam Pilkada Boven Digoel 2020 karena alasan keamanan. Selain itu ada sengketa hukum yang sedang berjalan, terkait dengan keputusan KPU RI yang membatalkan pencalonan pasangan calon Yusak Yaluwo-Yacob Weremba. Pencalonan Yusak Yaluwo dibatalkan KPU, karena Yusak belum melewati masa lima tahun sejak ia menyelesaikan hukuman penjaranya karena kasus korupsi.

Baca juga: Digugat Bapaslon, KPU Papua belum juga jadwalkan Pilkada Boven Digoel

Secara terpisah Ketua KPU Papua Theodorus Kossay mengatakan pihaknya belum mendapat informasi resmi terkait penetapan tanggal pemungutan suara Pilkada Boven Digoel itu. Kossay menyatakan telah bersurat kepada Gubernur Papua terkait masalah Pilkada Boven Digoel, namun KPU Papua belum menerima jawaban atas surat itu.

“Saya sendiri belum dapat informasinya, tapi ada informasi seperti itu. Kami sudah menyurat ke Gubernur Papua mengenai tanggal pemungutan suara tersebut, dan tinggal beliau memberikan surat [jawaban] kepada kami,” kata Kossay saat dihubungi melalui panggilan telepon pada Kamis.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top