Gugatan banding 19 MP Vanuatu akan diputuskan pekan ini

Sembilan belas kursi anggota parlemen yang dikosongkan termasuk kursi Perdana Menteri, Bob Laughman. - PBB

Papua No.1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Pengadilan Banding Vanuatu akan mengambil putusan atas gugatan banding yang diajukan 19 Anggota Parlemen (MP) negara itu akan putusan sebelumnya, yang diambil oleh Hakim Oliver Saksak, pada pukul 13:30 pada hari Jumat pekan ini.

Sebelumnya, pada 18 Juni, Hakim Saksak telah menolak permohonan berbasis Konstitusi yang diajukan oleh kelompok itu atas klaim mereka bahwa Ketua Parlemen tidak memiliki kekuasaan untuk menyatakan kursi seorang anggota parlemen itu kosong, hanya Mahkamah Agung yang bisa melakukan itu.

Ke-19 MP itu lalu mengajukan gugatan banding mereka pada 5 Juli ke pengadilan untuk menentang keputusan yang diambil oleh Ketua Parlemen saat itu, Gracia Shadrack, tentang UU Vacation of Seats.

Gugatan para pemohon diserahkan oleh kuasa hukum Ari Jenshel dan Sakiusa Kalsakau.

Dalam gugatan tersebut, mereka berupaya untuk menggunakan Pasal 54 mengenai sengketa pemilu, dengan tuduhan pelanggaran hak-hak lain. Perkara para pemohon menekankan bahwa menurut Pasal 54, hanya Mahkamah Agung Vanuatu yang dapat mengambil keputusan untuk mengosongkan kursi anggota parlemen. Menurut mereka, ketua parlemen tidak memiliki kewenangan ini.

Pengacara Jenshel dan Kalsakau berpendapat bahwa tugas Ketua Parlemen dalam situasi seperti itu adalah untuk memulai perkara di Mahkamah Agung, hanya ketika dia percaya bahwa ia memiliki bukti yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Pasal 2(d), dan menyerahkan bukti itu ke Mahkamah Agung yang akan menentukan apakah persyaratan sudah memadai dan lalu mengambil putusan tersebut.

Pengadilan Banding Vanuatu sendiri sudah memiliki preseden, dimana Pengadilan Banding pernah mendukung pengumuman Ketua Parlemen tentang UU Vacation of Seats, seperti kasus Maxime Carlot Korman dan 17 anggota parlemen terhadap mantan Ketua Parlemen Tahi pada 1988.

Loading...
;

Sembilan belas kursi anggota parlemen yang dikosongkan termasuk kursi Perdana Menteri, Bob Laughman. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top