Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Gunung Berapi Manam PNG erupsi mendadak

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manam, Jubi – Gunung berapi di Pulau Manam Motu, Papua Nugini, meletus lagi, menurut jurnalis Scott Waide di blognya.

Penduduk Pulau Manam melaporkan bahwa akibat tebalnya abu vulkanik dan jatuhan-jatuhan lainnya menyusul erupsi, sinar matahari pun terhalang total selama beberapa jam, kata Waide.

Gunung Berapi Manam PNG erupsi mendadak 1 i Papua

Seorang warga Pulau Manam, Mina Kamboanga, membenarkan laporan itu dan menerangkan semua penduduk desa di pulau itu terpaksa harus menggunakan senter untuk berkeliling.

Loop PNG juga melaporkan bahwa Peter Sukua, seorang tokoh masyarakat setempat dari Desa Baliau di Pulau Manam, menguatkan laporan bahwa gunung api itu mulai melontarkan abu dan lava.

Dia mengatakan lebih dari 2.000 penduduk pulau itu terkejut dengan erupsi mendadak itu, dan segera menyusun rencana untuk meninggalkan pulau itu dan evakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Sukua meminta Otoritas Penanggulangan Bencana di Madang untuk merespons secepatnya.

Loading...
;

Menurut laporan Radio New Zealand News, erupsi itu dimulai subuh pagi Sabtu kemarin (25/08/2018), dan penduduk desa juga melaporkan hujan abu dan lava dari mulut kawah itu.

Gunung api Pulau Manam terletak 13 km di lepas pantai utara PNG, dekat Kota Bogia, dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di PNG. Letusan terakhir Manam adalah pada April 2017. Sebelumnya, pada tahun 2004, sebuah erupsi besar memaksa sekitar 9.000 orang untuk evakuasi dari pulau itu. Banyak dari mereka yang masih tinggal di sebuah kamp di pinggiran Madang.

Aliran piroklastik yang mengalir keluar dari gunung berapi ini pada 3 Desember 1996 menewaskan 13 orang di Desa Budua. (Asia Pacific Report)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top