Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Gunung Sinabung belum stabil, hari Kamis tadi meletus empat kali

Papua
Erupsi gunung api, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Bandung, Jubi Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kasbani, mengatakan erupsi Gunung Sinabung masih terjadi hingga hari ini, Kamis (13/8/2020). Aktivitas yang ditunjukkannya sejak 8 Agustus pekan lalu itu menandai aktivitas gunung meter belum stabil.

“Meski sebenarnya letusannya juga tidak besar-besar banget,” kata Kasbani, Kamis (13/8/2020).

Gunung Sinabung belum stabil, hari Kamis tadi meletus empat kali 1 i Papua

Baca juga : Waspada ! Gunung di Jatim ini diprediksi meletus 1,2 hingga 2,5 tahun lagi 

Awan panas gunung Merapi meluncur sejauh 950 meter 

BPBD Probolinggo bagikan masker untuk warga lereng Bromo

Letusan Gunung Sinabung kembali terjadi sejak 8 Agustus 2020 dengan ketinggian kolom abu vulkanik mendekati 1000 meter dari puncak gunung. Disusul letusan kedua yang terjadi satu kali pada 10 Agustus 2020 dengan ketinggian kolom abu sampai 5 ribu meter.

Loading...
;

Tercatat Letusan pertama pukul 06.07 WIB dengan tinggi kolom letusan 1.000 meter. Letusan kedua pukul 08.02 WIB dengan tinggi kolom abu juga 1.000 meter. Lalu letusan ketiga pukul 08.31 WIB dengan tinggi kolom abu 2.000 meter dan terakhir pukul 13.08 WIB juga dengan tinggi kolom letusan teramati setinggi 2.000 meter dari puncak.

“Pada letusan yang keempat hari ini, kolom abu teramati kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, kata Kasbani menambahkan.

Ia menyebut arahnya condong ke timur dan tenggara. Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 milimeter dan durasi letusan 20 menit 47 detik.

Sedang rangkaian letusan yang terjadi sejak 8 Agustus 2020, hingga hari ini, Kamis, hanya letusan abu dan tidak disertai awan panas. “Kalau dulu ada awan panas, sekarang sudah nggak,” kata Kasbani menjelaskan.

Kasbani mengatakan, Gunung Sinabung hampir setahun terakhir tidak pernah meletus. Namun aktivitasnya belum bisa dikatakan stabil. Letusan yang terjadi saat ini diduga akibat penumpukan tekanan gas dalam tubuh gunung api. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top